Jumat, 30 Juni 2017

Penyebab Kaki Diabetik Tidak Nyeri

Salah satu komplikasi serius penyakit diabetes atau kencing manis adalah luka parah pada kaki. Di dalam dunia medis, luka demikian disebut Kaki Diabetik.

Berbeda dengan luka borok biasa, kaki diabetik tidak disebabkan semata-mata infeksi. Penyebab utamanya adalah rusaknya pembuluh darah kecil sekujur kaki. Biangnya kadar gula yang tinggi selama bertahun-tahun.

Jika pembuluh darah yang berfungsi sebagai pipa kecil yang menyalurkan makanan dan oksigen rusak, otomatis daerah pinggiran tidak akan mendapat suplai kedua bahan pokok tersebut. Bisa ditebak, jika sedikit saja ada luka, maka proses penyembuhan akan sulit terjadi. Kondisi ini berkombinasi dengan infeksi bakteri, menyebabkan luka terus bertambah luas dan dalam. Tak jarang, tulang sampai terlihat. Cukup mengerikan.

Tapi ada yang aneh dari luka diabetik: Penderita tidak merasakan nyeri. Koq bisa?

Rupanya, gula darah yang tinggi selama bertahun-tahun tak hanya merusak pembuluh darah, tapi juga serabut saraf. Akibatnya, rangsang nyeri gagal terkirim ke otak. Itulah sebabnya, penderita kaki diabetik anteng-anteng aja, meskipun lukanya sudah sangat parah.

Walaupun tidak nyeri, komplikasi kaki diabetik tetap harus dicegah.  Caranya dengan mengontrol gula darah tetap dalam kondisi normal. Langkah-langkahnya berupa mengatur pola makan, cek kadar gula secara teratur, dan konsumsi obat-obat antidiabetes sesuai anjuran.

Jika ketiga langkah ini dijalankan dengan baik, maka kaki insyaAllah akan sehat-sehat saja.

Penyebab Kaki Diabetik
Pengobatan Kaki Diabetik
Mencegah Kaki Diabetik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar