Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MINUM PIL KB ANDALAN UNTUK PEMULA

Hari ini adalah hari pertama Anda minum pil KB. Merk yang Anda pilih adalah Pil KB Andalan. Muncul pertanyaan, minum pil KB nya mulai dari mana? Setelah haid atau sebelum haid?

Pil KB Andalan adalah pil KB yang sangat efektif mencegah kehamilan, mudah didapat, dan harganya pun murah. Oleh karena itu, tidaklah aneh jika pil KB Andalan banyak dipakai oleh kaum Ibu.

Pil KB Andalan terdiri dari 28 tablet dan di belakang setiap tablet tertera nama hari dimana tablet tersebut sebaiknya diminum. Jadi akan ditemukan tulisan: sen, sel, rab, kam, jum, sab, dan min.

Aturan Minum Pil KB Bagi Pemula

Jika diperhatikan dengan seksama, maka pada setiap pak pil KB Andalan ada 6 hari yang bertanda khusus, yaitu ada bulatan kuning. Di dekat bulatan-bulatan kuning tersebut ada tulisan “Mulailah di bagian warna kuning sesuai hari pertama menstruasi”.

Cara minum pil KB andalan untuk pemula kuncinya terletak pada bulatan kuning tersebut. Minum pil pertama hendaknya pada hari pertama menstruasi dan pil yang pertama yang diminum adalah yang bertanda bulatan kuning.
Lupa Minum Pil KB, Ini yang Perlu Dilakukan
Biar lebih mudah dipahami, berikut contoh kasusnya:

Seorang ibu baru pertama kali mengkonsumsi pil KB. Hari pertama haidnya jatuh pada Rabu. Nah, pada hari pertama haid ini, ibu harus sudah mulai minum pil KB nya. Pil yang mana?


Pil yang diminum pertama adalah pil yang ada tulisan “Rab” dan bertanda kuning (ada di baris pertama, paling atas). Keesokan harinya adalah pil di sebelahnya yang ada tulisan “Kam”, demikian seterusnya sampai habis. Pil KB terakhir dari kemasan ini adalah tablet bertanda “Sel” dan ada bulatan kuningnya (juga di baris pertama paling atas).

Jika kemasan pertama yang terdiri dari 28 tablet sudah habis, maka kemasan Pil KB Andalan berikutnya diminum sesuai hari yang seharusnya, melanjutkan dari kemasan pertama. Jadi, kemasan kedua ini dimulai pada pil yang bertanda “Rab” dan ada bulatan kuningnya. Selanjutnya pil sebelahnya, demikian seterusnya.
Cara Minum Pil KB Agar Tidak Hamil
Tidak terlalu susah kan?!

Oh ya, cara minum pil KB Andalan sebaiknya diminum dalam waktu yang sama setiap harinya, misalnya sehabis makan malam. Hal ini agar kerja pil efektif dan meminimalkan kelupaan minum pil.

Cara minum pil KB pertama kali di atas juga berlaku untuk jenis atau merk pil KB yang lain seperti Microgynon, Diane, Yasmin, dan sebagainya.