Rabu, 02 Agustus 2017

CARA MINUM PIL KB ANDALAN LAKTASI

Andalan laktasi, sesuai dengan namanya adalah pil KB yang diperuntukkan bagi ibu yang sedang laktasi atau menyusui. Oleh karena itu, kandungan pil KB andalan laktasi berbeda dengan pil KB andalan biasa.

Pil KB andalan laktasi hanya mengandung hormon progesteron, sedangkan andalan biasa  selain mengandung progesteron, juga mengandung estrogen.

Kenapa andalan laktasi tidak mengandung estrogen?

Karena hormon estrogen dapat menghambat produksi ASI pada ibu menyusui. Kan kasian anak bayi yang sedang menyusui jika tetiba suplai makanan alaminya terputus hanya gegara pil KB.

Karena tidak mempengaruhi produksi ASI, maka pil KB andalan laktasi sangat cocok bagi ibu menyusui.

Cara minum pil KB andalan laktasi hampir sama dengan minum pil KB andalan biasa, yaitu setiap hari tanpa jeda. Hanya saja untuk andalan laktasi diusahakan jam yang sama setiap harinya, misalnya setiap jam 8 malam.

Bagaimana jika lupa 1 hari? Saat ingat keesokan harinya langsung minum 2 pil sekaligus. Pil selanjutnya seperti biasa, 1 butir sehari.

Bagaimana jika lupa 2 hari? Hari selanjutnya minum 2 butir sekaligus, keesokan harinya juga 2 butir sekaligus. Lalu seperti biasa, sebutir sehari.

Rumusnya juga hampir sama jika terlupa minum 3 hari atau lebih, yaitu dua dua setiap hari sampai kembali ke jadwal normal. Tapi yang perlu diingat, pasangan harus menggunakan perlindungan lain misalnya kondom sampai masuk ke paket pil berikutnya

Jika paket pil KB andalan laktasi sudah habis, segera berpindah ke paket yang baru, lagi-lagi tanpa harus ada jeda dulu.

Walaupun hanya mengandung satu jenis hormon, jangan khawatir terhadap keefektifan pil KB ini mencegah kehamilan. Tingkat efektifitasnya mencapai 97%. Asal, diminum dengan cara yang benar: setiap hari pada waktu yang sama, tanpa jeda.