Rabu, 18 Oktober 2017

APOTEK ATAU APOTIK YANG BENAR?

Mari kita lafalkan dengan keras dua kata ini, APOTIK - APOTEK.

Mana yang lebih nyaman terdengar dan lebih sreg terasa?

Jika Anda menjawab APOTIK, berarti Anda sama dengan saya dan banyak orang Indonesia lainnya.

Tapi ternyata, nyaman dan sreg saja tak cukup sebagai parameter kebenaran. Karena menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diantara keduanya, APOTEK lah yang menyandang gelar kata yang benar dan baku.

Para ahli bahasa bukannya tanpa alasan menetapkan demikian. Ada sejarahnya.

Asal muasal kata apotek dari bahasa Belanda “apotheek". Bahasa Belanda berasal dari Bahasa Yunani "apotheca". Aturan penyerapan dari Bahasa Belanda, huruf "ee" dijadikan "e" bukan "i". Jika ditinjau dari Bahasa Yunani, jelas sekali penyebutan disitu adalah "e" walaupun ada selipan "h".

Bukti lain bahwa kata apotek yang baku dan benar bisa dilihat dari kata apoteker, orang yang bertanggung jawab  di apotek. Sampai saat ini, belum ada yang menuliskannya sebagai APOTIKER.

Tapi mungkin ada Pembaca yang protes, kenapa  artikel yang tayang BlogDokter.ID ini masih banyak dijumpai kata apotik?

Alasannya sederhana, supaya artikel lebih mudah ditemukan di Google. Sampai saat ini mayoritas pengguna internet masih terbiasa menggunakan kata kunci APOTIK, ketimbang APOTEK.

#############
apotek atau apotik kata baku
apotek atau apotik yang benar

2 komentar:

Liza mengatakan...

eh, udah jadi blogdokter.id ya bang? yang benar itu apotek, ingat kali waktu SMA dulu itu, guru B. Indonesia kasih tipsnya seperti tulisan bang ichal, tambahkan er saja. sama seperti praktik atau praktek. yang benar praktik, karena yang ada kata praktikum bukan praktekum.

btw, liza punya juga blog dokterliza.com, tapi jarang banget updatee. fufufufufu

iChal Zen mengatakan...

@Liza, iya pindah melulu domainnya. Yg dulu-dulu kurang sreg soalnya. Kalo soal blog, kayaknya paling bagus satu aja biar lebih fokus (pengalaman pernah punya domain 5 sekaligus:)