Rabu, 25 Oktober 2017

CIRI-CIRI KENCING MANIS (DIABETES MELLITUS)

Kenapa disebut kencing manis? Karena kencingnya memang manis. Ada gula di dalam air kencing sehingga jika jatuh di dekat lalu lintas semut, air kencing akan dirubung oleh para semut.

Di dalam dunia medis, penyakit kencing manis disebut dengan diabetes mellitus.

Pada tahap awal, penyakit kencing manis hampir tak bergejala alias ciri-cirinya samar. Jangankan orang lain, penderitanya sendiri kadang tak sadar.

Baru setelah sekian tahun, timbul gejala-gejala yang signifikan yang membuat penderitanya terganggu.

Ciri-ciri kencing manis yang paling utama disebut 3P, yaitu polifagi, polidipsi, dan poliuri.

Polifagi artinya banyak makan. Gejala ini muncul karena penderita kencing manis terus menerus merasa lapar meskipun baru saja makan. Penyebabnya, sari makanan tak pernah sampai ke sel dan hanya berputar-putar di dalam darah. Jadi walaupun makanan yang masuk melimpah, sel tetap kelaparan. Analoginya, tikus mati di lumbung padi karena mulutnya kena plester.

Poliuri artinya banyak kencing. Dalam semalam bisa sampai empat lima kali bangun untuk kecing. Penyebab poliuri adalah laju penyaringan darah di ginjal meningkat drastis akibat kadar gula darah sangat tinggi. Karena proses penyaringan meningkat, otomatis air kencing yang dihasilkan juga lebih banyak.

Polidipsi artinya sering minum. Ciri polidipsi ini timbul karena penderita terus menerus kehausan. Kenapa kehausan? Karena cairan tubuh banyak keluar dalam bentuk air kencing.

Akibat dari 3P di atas, berat badan penderita kencing manis akan turun drastis. Yang dulunya gemuk berlemak, dalam tempo singkat dapat menjadi kurus bahkan kurus kering.

Selain ciri-ciri kencing manis yang telah disebutkan, ada lagi ciri lain yang mungkin timbul, terutama jika penyakit sudah berlangsung lama.

Ciri-ciri tersebut adalah rasa kesemutan pada kaki atau tangan terutama pada bagian jari, penglihatan kabur karena lensa mata terkena katarak, luka sulit sembuh, kulit menjadi kasar, cepat lelah, dan gampang emosi.

Lho koq gampang emosi? Ya, karena kurang tidur malam akibat harus sering bangun untuk kencing.

Tidak ada komentar: