Sabtu, 28 Oktober 2017

DOSIS PARASETAMOL DEWASA

Walaupun banyak orang menganggap parasetamol obat kacangan, tetap saja ia yang terbaik. Selain mampu mengatasi demam dan nyeri dengan ampuh, juga terkenal aman buat orang dewasa, anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Tapi perlu diingat, kata aman disini hanya berlaku jika parasetamol dikonsumsi sesuai dosis anjuran. Jika tidak, siap-siap menderita kerusakan liver alias hati.

Lalu, berapa dosis parasetamol dewasa yang dianjurkan?

Dosis lazim parasetamol untuk orang dewasa adalah 3 kali sehari satu tablet (500 mg per 8 jam).

Tetapi pada kasus demam tinggi, setablet parasetamol hanya mampu bertahan sekitar 4 jam. Apakah harus bersabar menahan demam hingga jadwal minum parasetamol berikutnya tiba?

Ga perlu. Parasetamol boleh diminum berselang 4 jam. Tapi sebaiknya maksimal empat tablet dalam 24 jam .

Kadang-kadang sebagian orang merasa setablet parasetamol sekali minum gak mempan. Mereka harus minum dua tablet sekaligus. Untuk kasus seperti ini boleh-boleh saja. Syaratnya satu, ga boleh lebih dari delapan tablet sehari.

Oh ya, di pasaran juga tersedia parasetamol dalam bentuk forte, isinya parasetamol 650 mg. Cara konsumsinya mirip dengan parasetamol 500 mg.

Jika sudah minum parasetamol selama tiga hari demam tak sembuh juga atau nyeri tak lenyap jua, ini artinya mungkin ada penyakit serius di dalam tubuh. Untuk itu segeralah berobat ke dokter.

Tidak ada komentar: