Selasa, 24 Oktober 2017

OBAT SAKIT PERUT MENCRET DI APOTEK

Sakit perut mencret masuk jajaran penyakit yang sangat membuat repot. Bayangkan saja, Anda sedang dalam acara penting tapi konsentrasi jadi buyar gegara sakit perut dan harus bolak balik ke toilet.

Mau tak mau, situasi tak nyaman tersebut harus segera diatasi. Agar tepat sasaran, Anda harus mengenali jenis sakit perut mencret yang melanda sistem pencernaan Anda.

Sakit perut disertai mencret dapat disebabkan karena iritasi usus, dapat pula karena infeksi usus. Penting untuk membedakan keduanya agar pengobatan berhasil dan sakit perut mencret sembuh dengan segera.

Sakit perut mencret karena iritasi muncul akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang membuat usus meringis. Contohnya makanan pedas. Ketika hawa pedas melanda dinding usus, spontan dinding usus meningkatkan gerakan pengosongan. Alhasil, waktu transit ampas makanan di usus lebih singkat. Tentu saja saat keluar bentuknya masih encer karena tak cukup waktu untuk penyerapan cairan.

Gerakan usus yang meningkat menyebabkan perut mulas dan ampas makanan yang masih encer menghasilkan diare.

Pengobatan sakit perut mencret karena iritasi adalah dengan serta merta menghentikan makanan atau minuman penyebab, menurunkan laju gerakan usus, dan memadatkan tinja yang encer. Contoh obat sakit perut mencret karena iritasi yang dijual di apotek adalah domperidon dan molagit.

Lain lagi dengan sakit perut mencret karena infeksi. Penyebabnya bukan karena makanan yang merangsang usus, tapi bakteri yang masuk nebeng makanan atau minuman. Sesampainya di rongga usus, bakteri berkembang biak sehingga jumlahnya luar biasa banyak. Akibatnya muncul gejala perut mulas dan sakit, mencret yang kadang-kadang berlendir dan bercampur darah, disertai demam dan sakit kepala.

Obat sakit perut mencret di apotek yang terjadi karena infeksi tak cukup hanya domperidon dan molagit. Bakteri penyebab infeksi harus turut dibasmi dengan antibiotik semisal kotrimoksazol. Sedangkan demam sakit kepala mesti diredakan dengan parasetamol.

Jika jenis antibiotik mecing dengan bakterinya, insyaAllah satu dua hari gejala akan berkurang.

Tapi jika tak ada perubahan, maka antibiotik harus diganti. Salah satu kandidat pengganti adalah tetrasiklin.

Obat-obat untuk sakit perut mencret karena infeksi, sebagiannya harus dibeli dengan resep dokter. Oleh karena itu silakan konsultasi ke dokter jika merasa sakit perut Anda karena infeksi bakteri.

Tidak ada komentar: