INILAH ARTI HPHT

Idealnya, penentuan usia kehamilan adalah berdasarkan pertama kali bertemunya sel sperma dan sel telur. Tetapi masalahnya, sulit sekali menentukan waktu pasti kapan pertemuan terjadi. Tidak ada tanda-tanda spesifik yang bisa digunakan untuk menentukan waktu bersatunya dua sejoli tersebut.

Oleh karena itu, kalangan medis mencari alternatif patokan untuk menentukan usia kehamilan. Patokan tersebut seyogyanya mudah ditentukan, bukan hanya oleh kalangan medis tapi juga kalangan awam.
CARA MENGHITUNG HPHT DAN HARI PERKIRAAN LAHIR
Setelah pembuahan terjadi, maka proses kehamilan dimulai dan wanita tak lagi mendapatkan haid. Fenomena ini hampir pasti terjadi. Oleh karena itu, haid dapat menjadi patokan yang baik untuk menentukan usia kehamilan.

Arti HPHT

Haid yang digunakan sebagai patokan menghitung usia kehamilan adalah haid wanita yang terakhir kali sebelum diketahui ia hamil. Haid wanita biasanya berlangsung beberapa hari. Nah, yang dijadikan patokan bukanlah hari terakhir wanita tersebut haid, tapi hari pertama ia haid.

Bingung?!

Misal, seorang wanita mengetahui dirinya hamil tanggal 16 Desember 2017. Haid terakhirnya bersamaan dengan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017. Haidnya berlangsung 5 hari artinya selesai haid tanggal 14 Nopember 2017. Maka yang menjadi hari pertama dari haid terakhirnya adalah 10 Nopember 2017. Tanggal inilah yang menjadi patokan dari penghitungan usia kehamilan.

Agar mudah diingat, hari pertama dari haid terakhir dibuat singkatannya, yaitu HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).
Janin Terlihat di USG Pada Usia Kehamilan Berapa Minggu
Umumnya pembuahan terjadi 14 hari sebelum dari jadwal haid yang seharusnya. Bagi wanita yang haidnya teratur setiap 28 hari, maka HPHTnya mendahului pembuahan 14 hari juga (28-14 hari). Oleh karena itu, usia kehamilan berdasarkan HPHT biasanya lebih dari dua minggu dibandingkan dengan usia kehamilan sebenarnya.

Untuk kasus wanita di atas, jadwal haid seharusnya adalah 8 Desember 2017 (10 Nopember 2017 ditambah 28 hari). Jika dikurang 14 hari, maka waktu pembuahan adalah 24 Nopember 2017.
Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran

Alternatif Lain

Selain menggunakan HPHT, usia kehamilan juga dapat ditentukan dengan metode mengukur tinggi fundus uteri (besarnya rahim). Ada juga yang lebih akurat, yaitu menggunakan metode ultrasonografi (USG).

####
apa itu HPHT
pengertian HPHT dalam kebidanan
apakah yang dimaksud dengan HPHT
kepanjangan HPHT
arti HPHT dalam dunia medis

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar