CARA KERJA KB SUNTIK DAN PIL KB

Proses kehamilan melibatkan proses yang cukup kompleks. Pertama, pelepasan sel telur oleh indung telur. Sel telur kemudian masuk ke dalam saluran yang disebut Tuba Fallopi. Kedua, sel sperma dari pihak pria masuk lewat mulut rahim lalu ke rahim dan terus berjalan ke atas menuju Tuba Fallopi. Ketiga, pertemuan sel telur dan sel sperma di dalam Tuba Fallopi. Pertemuan bisa terjadi akibat keduanya mesti berpapasan di lorong sempit. Pertemuan diikuti proses penyatuan sel telur dan sel sperma. Keempat, sel gabungan turun ke dalam rahim dan melekat di dinding rahim. Sel terus membelah dari satu menjadi dua, dua menjadi empat, dan seterusnya, sampai menjadi seorang bayi.

Baik KB suntik maupun pil KB merupakan golongan KB hormonal. Keduanya mengandung salah satu atau dua jenis hormon, yaitu hormon estrogen dan progestin. Kedua hormon ini dapat mengubah situasi dan kondisi alat reproduksi wanita sehingga kehamilan sulit terjadi.

Bagaimana mungkin? Berikut cara kerja KB suntik dan pil KB dalam mencegah kehamilan.

Cara kerja pertama, hormon yang dikandung baik KB suntik maupun pil KB menghambat terjadinya pelepasan sel telur oleh indung telur. Tanpa adanya sel telur, mustahil kehamilan bisa terjadi.

Cara kerja kedua, hormon KB mengubah lendir yang berada di mulut rahim sehingga mengental dan berfungsi sebagai sumbat. Dengan demikian, sperma sulit melewatinya.

Cara kerja ketiga, hormon KB menyebabkan dinding rahim tidak menebal sebagaimana seharusnya. Sehingga kalaupun ada sel cikal bakal bayi yang jatuh ke dalam rahim, sel tak bisa menempel. Proses penempelan ini sangat penting, karena proses tersebut menjadim sel mendapat suplai makanan dan oksigen. Tanpa kedua asupan ini, niscaya sel akan mati lalu sirna.

Ketiga faktor di atas bahu membahu dalam mencegah kehamilan. Oleh karena itulah mengapa efektifitas KB hormonal sangat tinggi. Jika penggunaanya benar, mencapai 99%. Artinya hanya satu kegagalan dalam 100 kasus dalam setahun.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar