Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SUNTIK TT DI BAGIAN MANA?

Selain bayi, ada dua orang lagi yang menjadi target suntik TT, yaitu perempuan yang mau menikah dan ibu hamil.

Khusus perempuan yang akan menikah, kekhawatiran terhadap suntik TT bisa jadi lebih besar. Selain seputar efek samping, pertanyaan tersering yang mereka ajukan adalah: suntik TT dilakukan di bagian mana?

Lazimnya suntik TT dilakukan di lengan atas, karena ibu ga perlu buka-bukaan. Tetapi ada lokasi suntik alternatif, yaitu bokong dan paha bagian luar. Konon katanya suntikan di bokong cenat cenutnya agak kurang dan lebih cepat hilang.

Sebenarnya lokasi suntik TT di bagian mana pun tidak menjadi masalah, asal syaratnya terpenuhi, yaitu suntikan harus ke dalam otot (intramuskuler).

Nah, otot yang paling tebal dan ideal sebagai sasaran jarum suntik ada di tiga lokasi seperti yang telah disebutkan yaitu lengan atas, paha luar, dan bokong.

Dosis suntikan TT hanya 0,5 cc. Dosis ini hanya seperenam dibandingkan dengan suntikan KB 3 bulanan yang 3 cc.

Pada sebagian kecil kasus, timbul nyeri dan kemerahan pada lokasi suntikan. Tak perlu panik, karena hal ini tak berbahaya. Biasanya gejala akan hilang dalam waktu 1-2 hari. Agar keluhan berkurang, boleh dikompres air hangat.

Kenapa air hangat?

Karena air hangat memperlancar peredaran darah sehingga proses peradangan lebih cepat menghilang.

Jadi ga ada yang perlu dikhawatirkan dengan suntik TT. Kalaupun ada nyeri, masih ga seberapa dibandingkan manfaatnya: melindungi ibu dan bayinya kelak dari penyakit tetanus yang mematikan.

Posting Komentar untuk "SUNTIK TT DI BAGIAN MANA?"