Rabu, 24 Januari 2018

APAKAH PAPSMEAR ITU SAKIT?

Pemeriksaan Papsmear sudah umum dilakukan. Banyak kalangan ibu dengan sukarela dan aktif meminta untuk dilakukan pemeriksaan ini.

Tapi mungkin banyak ibu yang bertanya, terutama yang baru pertama kali akan menjalani pemeriksaan papsemar, “Apakah papsmear itu sakit?”

Pemeriksaan papsmear sangat simpel dan tidak invasif. Oleh karena itu rasa sakit yang ditimbulkannya sangat minimal, bahkan seringkali hanya berupa sedikit rasa tidak nyaman.

Rasa tidak nyaman mungkin timbul ketika pemeriksa memasukkan alat yang disebut spekulum atau cocor bebek. Fungsi alat ini adalah agar saluran V tetap dalam keadaan terbuka sehingga mulut rahim terlihat jelas.

Rasa nyaman berikutnya adalah ketika pemeriksa mengambil sampel sel mulut rahim menggunakan semacam sikat kecil. Kadang-kadang pada beberapa ibu, terjadi sedikit iritasi yang menimbulkan sedikit nyeri dan perdarahan kecil. Tapi ini sangat jarang terjadi.

Papsmear tidak melibatkan penyayatan atau penjahitan jaringan seperti misalnya pengambilan sampel tumor yang membutuhkan perawatan lanjutan. Oleh karena itu, pasca pasmear ibu boleh pulang dan beraktifitas seperti biasa.

Semoga bermanfaat ....

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    KALKULATOR IMT. Apakah berat badan Anda normal, atau Anda kurus, gemuk, atau kelewat gemuk (obesitas). Silakan cek status berat badan Anda dengan menggunakan Kalkulator Indeks Massa Tubuh.
    KALKULATOR KEHAMILAN DAN KELAHIRAN. Anda sedang hamil dan ingin mengetahui usia kehamilan dan perkiraan kelahiran bayi Anda? Silakan gunakan Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran.