ARTI TRIMESTER PADA KEHAMILAN

Di dunia perkuliahan kita mengenal istilah semester. Artinya satu periode perkuliahan dibagi dua. Jika satu periode adalah setahun maka satu semester lamanya 6 bulan. Untuk membedakannya dinamai sebagai semester ganjil dan genap.

Di dalam dunia kehamilan, dikenal istilah yang mirip dengan semester, yaitu trimester. Saking miripnya ada saja orang yang salah menyebutnya: trisemester.

Arti trimester adalah satu periode dibagi tiga. Karena kehamilan umumnya berlangsung sembilan bulan maka lamanya satu trimester adalah tiga bulan. Untuk membedakan masing-masing trimester, maka dinamai sebagai trimester pertama, kedua, dan ketiga.

Trimester pertama berlangsung pada bulan 1-3, trimester kedua pada bulan 4-6, dan trimester ketiga pada bulan 7-9.

Tetapi di dunia medis, usia kehamilan menggunakan satuan minggu, bukan bulan. Jika menggunakan satuan bulan, rentangnya lebih lebar. Hal tersebut akan menyulitkan jika harus mendeskripsikan tumbuh kembang bayi berdasarkan waktu.

Dalam ukuran minggu, trimester pertama berlangsung dari usia kehamilan 0 minggu - 13 minggu 6 hari. Trimester kedua berlangsung dari usia kehamilan 14 minggu - 27 minggu 6 hari. Trimester ketiga berlangsung dari usia kehamilan 28 minggu sampai dengan melahirkan.

Semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar