Sabtu, 27 Januari 2018

NORMALNYA BERAPA KALI USG SELAMA HAMIL?

Tidak ada batasan tegas bagi ibu berapa kali USG selama hamil. Meskipun demikian, dalam kondisi normal dokter biasanya menyarankan dua kali pemeriksaan USG.

Pemeriksaan USG pertama dianjurkan dilakukan pada saat usia kehamilan 12 minggu (sekitar 3 bulan). Tujuan pemeriksaan USG pertama ini antara lain adalah :

# Memperkirakan tanggal taksiran persalinan
# Menentukan usia janin
# Memeriksa jumlah janin dalam kandungan
# Memeriksa denyut jantung janin
# Memeriksa apakah janin memiliki kelainan bawaan
# Memeriksa kondisi indung telur ibu

Pemeriksaan USG kedua dilakukan sekitar dua bulan berikutnya atau saat usia kehamilan 18-21 minggu. Tujuan USG kali ini agak berbeda dibandingkan dengan USG pertama. Pada pemeriksaan USG kedua dilakukan penilaian terhadap plasenta, apakah sehat dan lokasi menempelnya normal, tidak menutup muara rahim.

Selain itu, besar janin juga diukur untuk menentukan apakah ukurannya sesuai dengan usia kehamilan. Kelainan pada anggota tubuh yang gagal terdeteksi pada USG pertama juga biasanya dapat ditemukan.

Pada USG kedua jenis kelamin bayi sudah dapat terlihat, apakah laki-laki atau perempuan. Tetapi ibu harus menanyakannya ke pemeriksa karena ada beberapa dokter atau pusat layanan kesehatan tak akan memberitahu jika tidak ditanyakan oleh pasien langsung. Perlu diingat, tingkat kebenaran deteksi jenis kelamin tidak 100%. Artinya masih ada kemungkinan salah memperkirakan jenis kelamin janin.

Kadang-kadang dilakukan lagi pemeriksaan USG ketiga pada saat hamil tua, terutama jika ibu pernah mengalami gangguan pada kehamilan sebelumnya atau ada penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    KALKULATOR IMT. Apakah berat badan Anda normal, atau Anda kurus, gemuk, atau kelewat gemuk (obesitas). Silakan cek status berat badan Anda dengan menggunakan Kalkulator Indeks Massa Tubuh.
    KALKULATOR KEHAMILAN DAN KELAHIRAN. Anda sedang hamil dan ingin mengetahui usia kehamilan dan perkiraan kelahiran bayi Anda? Silakan gunakan Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran.