Selasa, 23 Januari 2018

CARA MINUM PIL KB AGAR TIDAK HAMIL

Pil KB mempunyai efektifitas tinggi dalam mencegah kehamilan. Diperkirakan tingkat kegagalan hanya satu dalam seribu ibu yang minum pil KB dalam setahun.

Walaupun efektifitasnya sangat baik, tapi jika tidak diminum sesuai anjuran, kehamilan dapat terjadi. Berikut cara minum pil KB agar tidak hamil.

Pertama, saat memulai minum pil KB sebaiknya saat sedang haid. Baik hari pertama, kedua, sampai hari kelima. Bisa saja dimulai di luar waktu haid, tapi harus dipastikan Ibu sedang tidak hamil. Perlu diingat, tes pack pada minggu-minggu pertama pasca pembuahan tidak bisa diandalkan untuk mendeteksi kehamilan.

Kedua, pil KB tidak serta merta langsung berefek. Seminggu pertama pasca minum pil pertama belum ada perlindungan dan kehamilan bisa saja terjadi. Oleh karena itu, dalam waktu seminggu tersebut harus menggunakan cara KB yang lain sambil minum pil KB.

Ketiga, pil KB harus diminum setiap hari diusahakan pada jam yang sama tanpa jeda. Berlaku untuk pil KB isi 28. Jika pil KB isi 21, maka boleh libur 7 hari pasca blister pertama habis. Pas libur boleh saja berhubungan.

Keempat, jika lupa minum pil KB sehari, boleh langsung diminum saat ingat. Jika ingatnya pas akan mau minum pil KB selanjutnya, boleh diminum langsung dua pil. Jika lupa dua hari, maka ketika ingat langsung diminum dua pil dan keesokan harinya langsung dua pil. Jangan lupa gunakan proteksi tambahan minimal seminggu. Jika lupa tiga hari atau lebih, silakan konsultasi dengan dokter atau bidan Anda.

Kelima, hindari minum pil KB hanya ketika akan berhubungan, seperti halnya minum obat penurun panas ketika hanya demam. Jika demikian, maka efek perlindungan tidak ada sama sekali dan kehamilan bisa terjadi.

Demikian beberapa cara minum pil KB agar tidak hamil. Jika Anda punya tips lain, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

BACA JUGA

    KALKULATOR IMT. Apakah berat badan Anda normal, atau Anda kurus, gemuk, atau kelewat gemuk (obesitas). Silakan cek status berat badan Anda dengan menggunakan Kalkulator Indeks Massa Tubuh.
    KALKULATOR KEHAMILAN DAN KELAHIRAN. Anda sedang hamil dan ingin mengetahui usia kehamilan dan perkiraan kelahiran bayi Anda? Silakan gunakan Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran.