Selasa, 02 Januari 2018

DEMAM SETELAH IMUNISASI DPT, BERAPA HARI?

Kebanyakan imunisasi tidak membuat anak demam, kecuali satu, yaitu Imunisasi DPT. Guna imunisasi ini untuk mencegah penyakit Difteri (D), Pertusis (P), dan Tetanus (T). Difteri adalah penyakit yang menyerang tenggorokan dan racunnya dapat menyebabkan kerusakan katup jantung. Pertusis dikenal dengan batuk seratus hari. Sedangkan Tetanus adalah penyakit kejang yang sering membawa kematian pada bayi.

Diantara ketiga komponen yang dikandung vaksin DPT, komponen pertusislah yang menjadi biang keladi demam. Komponen ini berupa bakteri pertusis utuh yang sudah dilemahkan.

Lama demam setelah imunisasi DPT berkisar satu sampai tiga hari. Kalau bayi diimunisasi paginya, demam baru muncul siang atau sore. Kapan demam menghilang? Tergantung kondisi bayi masing-masing. Ada bayi yang demamnya hilang pada malam harinya, ada yang keesokan harinya. Tetapi ada juga yang lumayan parah. Baru pada hari ketiga berhenti demam.

Agar bayi tidak terlalu rewel, bayi boleh diberi obat antidemam sebelum atau sesudah imunisasi. Contoh obatnya, sirup parasetamol dan ibuprofen. Pemberiannya selang 8 jam. Khusus parasetamol, kalau kepepet banget, demam tidak turun-turun juga, bisa selang 6 jam.

Bagi Ibu yang ga mau anaknya demam, maka tersedia vaksin lain yang lebih bersahabat. Namanya DTaP (Difteri, Tetanus, dan aseluler Pertusis). Rahasia vaksin ini adalah komponen pertusisnya bukanlah sel utuh.

Sayangnya, vaksin DTaP harganya mahal. Jadi jangan harap ada vaksin seperti ini di puskesmas atau bidan desa. Vaksin DTaP umumnya hanya bisa diperoleh di dokter praktek, bidan praktek, klinik, atau rumah sakit.

Mudah-mudahan bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

2 komentar:

abu4faqih mengatakan...

Anak saya umur 4 tahun kemarin diimunisasi Difteri di bidan, malamnya tidak demam tapi dia mengeluh kesakitan di bagian lengan yang disuntik. Saya kompres dengan kain dan air hangat lalu saya beri parasetamol 7,5 ml. Paginya dia tidak mengeluh apa-apa dan tidak demam meski bilang kalo lengannya masih sakit.

dr.iChal mengatakan...

@abu4faqih: Iya Pak, kadang-kadang efek samping tidak bisa dihindari. Tapi alhamdulillah efek sampingnya minimal.

BACA JUGA

    KALKULATOR IMT. Apakah berat badan Anda normal, atau Anda kurus, gemuk, atau kelewat gemuk (obesitas). Silakan cek status berat badan Anda dengan menggunakan Kalkulator Indeks Massa Tubuh.
    KALKULATOR KEHAMILAN DAN KELAHIRAN. Anda sedang hamil dan ingin mengetahui usia kehamilan dan perkiraan kelahiran bayi Anda? Silakan gunakan Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran.