LUPA MINUM PIL KB, INI YANG PERLU DILAKUKAN

Agar efektif mencegah kehamilan, pil KB harus diminum setiap hari atau setiap malam, tanpa ada selang. Jika cara ini dipatuhi, maka kemampuan pil KB mencegah kehamilan adalah sekitar 98 - 99% persen.

Tetapi bagaimana seandainya lupa minum pil KB?

Jika lupa minum 1 butir pil maka harus segera diminum saat ingat. Jika ingatnya pada waktu akan meminum pil selanjutnya, maka pil kb diminum 2 butir sekaligus.

Jika lupa meminum 2 butir atau lebih, pil KB tetap diminum tetapi dalam 7 hari gunakan KB cara lain seperti kondom. Kalau nekat tak menggunakan perlindungan tambahan, bisa saja kehamilan terjadi. Cara minumnya adalah 2 butir diminum sekaligus pada saat ingat, lalu 2 butir lagi keesokan harinya. Jangan coba-coba meminum langsung 3 butir sekaligus.

Jika lupa meminum lebih dari 3 butir, silakan konsultasi dengan dokter atau bidan Anda. Mungkin Anda diminta untuk memulai blister yang baru dan melakukan cara KB lain untuk sementara.

Sebagai tambahan, masih ada yang salah kaprah dengan penggunaan pil KB. Mereka hanya menggunakan pil KB hanya ketika akan atau setelah berhubungan. Cara ini sangat tidak efektif karena kehamilan masih bisa terjadi.

Kenapa?

Karena pil KB beda dengan obat lain seperti misalnya parasetamol. Beberapa menit setelah obat parasetamol diminum, demam dan sakit kepala akan segera berkurang. Sedangkan pil KB butuh waktu lama untuk bekerja maksimal. Sekurang-kurangnya seminggu setelah diminum teratur barulah pil KB memberikan efek perlindungan terhadap kehamilan.

Demikian, semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar