PENYAKIT DIFTERI DISEBABKAN OLEH VIRUS

Apakah benar anggapan bahwa penyakit difteri disebabkan oleh virus tertentu?

Jika kita membuka literatur kedokteran, penyebab penyakit difteri bukanlah virus, tapi bakteri. Tepatnya bakteri Corynebacterium diphtheriae.

Jadi adalah tidak benar jika penyakit difteri disebabkan oleh virus.

Emang beda ya antara bakteri dan virus?

Ya beda banget, seperti bedanya ikan dan kambing. Ikan virusnya, bakteri kambingnya. Virus jauh lebih kecil dari bakteri.

Selain ukuran, perbedaan keduanya terletak pada perangkat yang dimiliki. Bakteri mirip sel manusia, mempunyai semua perangkat yang dibutuhkan untuk hidup dan berkembang biak. Sedangkan virus hanya bermodal materi genetik (DNA atau RNA) dan selubung protein, ditambah sedikit perangkat tambahan.

Bakteri berkembang biak menggunakan komponen tubuhnya sendiri dengan cara membelah menjadi dua. Sedangkan virus berkembang biak dengan cara yang aneh. Untuk berkembang biak, materi genetik virus harus disusupkan ke dalam sel makhluk hidup lain, misalnya sel manusia atau sel bakteri. Materi genetik virus yang berhasil menyusup kemudian mengambil alih sel korban dan mengendalikan segala macam perangkat yang ada di dalamnya. Tujuannya jelas, memproduksi anak-anak generasi penerus virus.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar