APAKAH KENCING NANAH SAMA DENGAN SIFILIS?

Kedua istilah ini, kencing nanah dan sifilis seringkali dianggap sama. Tak heran di ruang praktek dokter, banyak pasien ketika ditanya keluhannya sakit apa, dengan percaya diri mengatakan “Saya kena sifilis Dok”.

Padahal setelah ditelusuri (anamnesis) dan diperiksa dengan teliti, ternyata pasien tersebut terkena penyakit GO atau gonore atau kencing nanah, bukan sifilis.

Ciri penyakit kencing nanah adalah keluar nanah dari saluran kencing, umumnya saat bangun di pagi hari. Selain itu, ada nyeri serasa membakar di saluran kelamin, terutama saat dilalui air kencing. Jika parah, penderita mungkin merasakan demam dan tidak enak badan. Biasanya, penderita juga mengaku pernah melakukan hubungan badan yang tidak aman beberapa waktu sebelumnya.

Biang keladi penyakit kencing nanah adalah bakteri Neisseria gonorrhea. Bakteri ini suka banget dengan sel-sel yang menyusun dinding saluran kemih. Sel tersebut menjadi tempat ideal untuk kuman GO berkembang biak.

Lain kencing nanah, lain sifilis. Penyebab sifilis adalah bakteri Treponema pallidum. Gejala awal penyakit sifilis tak ada hubungannya dengan nanah. Gejalanya hanya berupa luka borok kecil pada alat kelamin tanpa disertai nyeri. Beberapa saat kemudian, luka tersebut akan menghilang. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak sadar bahwa dia pernah terkena sifilis.

Tapi gejala di atas hanyalah permulaan. Setelah beberapa tahun menggerogoti dari dalam, sifilis akan menampakkan diri melalui berbagai macam gejala. Antara lain, kelumpuhan, kebutaan, stroke, bahkan kematian.

Dari segi gejala, jelas bahwa penyakit sifilis lebih berbahaya dibandingkan penyakit kencing nanah. Walaupun demikian, jauh lebih baik menghindari kedua penyakit ini. Caranya dengan setia kepada pasangan sah.

Jadi kesimpulan akhirnya, jika ada pertanyaan apakah kencing nanah sama dengan sifilis? Jawabannya TIDAK SAMA.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar