BERAPA LAMA INFEKSI HIV BERUBAH MENJADI AIDS

Virus HIV mengamalkan betul pepatah ini, “alon alon asal kelakon”.

Begitu seseorang terinfeksi dengan virus HIV baik dari jalur hubungan seksual maupun jalur lainnya dalam waktu kira-kira 2 minggu akan mengalami gejala mirip sakit flu. Gejala ini muncul akibat adanya pertempuran antara virus HIV dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Bisa ditebak siapa pemenangnya. Walaupun banyak virus HIV yang tewas ada beberapa di antaranya yang sempat masuk ke dalam sel manusia dan membuat pabrik di dalam inti sel. Sel favorit yang menjadi target virus HIV adalah Sel CD4. Sel ini merupakan salah satu unit dari banyak unit sistem kekebalan tubuh manusia.

Setelah pabrik virus berdiri, pertempuran sebenarnya baru dimulai, yaitu pertempuran gerilya dan infiltrasi virus HIV kedalam sel CD4 lainnya.

Virus HIV termasuk virus kategori sabar. Virus ini membuat kerusakan sedikit demi sedikit sehingga sering tidak disadari oleh penderitanya.

Berapa lama infeksi HIV baru bergejala?

Butuh waktu sekitar 5 tahun sampai 10 tahun infeksi HIV baru menunjukkan eksistensinya secara terang-terangan. Kumpulan gejala yang muncul akibat infeksi HIV disebut AIDS.

Gejala tersebut muncul akibat sel CD4 sudah sangat berkurang jumlahnya. Dengan demikian membuat leluasa bakteri atau jamur atau virus oportunis yang memanfaatkan lemahnya kekebalan tubuh untuk beraksi. Bakteri yang semula adem ayem dan tampak jinak berubah menjadi ganas. Virus HIV nya sendiri hanya menjadi penonton dan terus meneruskan pekerjaannya yaitu menginfeksi sel CD4 yang masih sehat.

Jadi pada infeksi HIV bukan virus HIV nya yang membunuh manusia tapi mikroorganisme lain yang memanfaatkan keadaan.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar