CARA MEMBUNUH CACING PITA DALAM TUBUH MANUSIA

Cacing pita sebenarnya hanya kebetulan saja bisa masuk ke dalam tubuh manusia. Sejatinya cacing ini lebih suka hidup di tubuh hewan seperti babi, anjing, kucing atau sapi. Ketika manusia mengkonsumsi daging yang mengandung cacing pita yang tidak dimasak dengan baik maka manusia ikut terinfeksi. Jika diperiksa dengan seksama, maka ada cacing pita dalam tubuh manusia tersebut.

Ketika cacing pita termakan, maka ia akan sampai ke dalam usus dan berkembang biak untuk sementara di sana. Lalu generasi penerus cacing-cacing tersebut menerobos dinding usus dan masuk ke dalam peredaran darah. Lalu berkelana ke segenap penjuru tubuh. Jika cacing tiba dan berkembang biak di organ-organ penting maka akan sangat membahayakan jiwa penderitanya.

Ciri-ciri cacing pita pada manusia biasanya tidak begitu khas. Gejala yang muncul tergantung pada lokasi cacing pita menyerang. Jika menyerang otak, bisa terjadi kelumpuhan atau gangguan saraf lainnya.

Apakah cacing pita bisa mati?

Untungnya saat ini sudah ada cara membunuh cacing pita dalam tubuh manusia. Cara membunuhnya dengan mengkonsumsi obat praziquantel. Obat cacing pita ini tersedia baik di puskesmas maupun apotik. Obat cacing ini boleh dikonsumsi baik orang dewasa maupun anak-anak.

Biasanya obat ini cukup diminum 3 kali selang 4 atau 6 jam. Lama minumnya satu hari saja, terkecuali dokter menganjurkan lebih. Misalnya pada kasus-kasus yang sangat berat.

Setelah minum praziquantel cacing pita akan mati. Sayangnya pada beberapa kasus organ-organ yang sudah rusak sulit untuk dikembalikan fungsinya.

Jadi sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi daging. Usahakan sudah dimasak dengan baik dan benar.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar