CARA MENJAGA TUBUH AGAR TIDAK TERTULAR HIV

Sikap sebagian orang terhadap penyakit HIV terkadang sangat aneh. Di satu sisi mereka sangat ketakutan terjangkit HIV, di lain sisi mereka terus mengamalkan perilaku yang mengundang HIV masuk ke dalam tubuh mereka.

Mengapa paradoks antara sikap dan perilaku ini bisa terjadi?

Salah satu sebabnya adalah ketidaktahuan cara penularan virus HIV. Karena tidak tahu, maka perilaku berisiko tetap dilakukan tanpa kekhawatiran sedikit pun.

Berikut cara menjaga agar tubuh tidak tertular HIV.

Pertama, jangan bergonta-ganti pasangan. Ada yang menganggap bahwa walaupun bergonta-ganti pasangan tak akan tertular, asal air mani atau sp3rm4 nya dibuang diluar. Anggapan ini keliru seribu persen karena penularan tetap bisa terjadi lewat lendir yang ada dalam miss V atau cairan precum yang dikeluarkan oleh pihak pria.

Adapula yang menganggap bahwa kalau pasangannya terlihat bersih dan berotot atau montok, pastilah bebas dari HIV. Ini juga salah. Pada tahun-tahun pertama seseorang mengidap HIV, tak ada gejala sama sekali. Jangankan orang lain, pengidap sendiri kadang tidak sadar bahwa ditubuhnya bersemayam puluhan juta ekor virus.

Kedua, hindari perilaku menyimpang seperti hubungan lewat belakang. Virus HIV jauh lebih mudah menular melalui hubungan seperti ini, ketimbang hubungan yang normal. Alasannya, dinding anus lebih tipis dan mudah terluka, serta mengandung sel-sel yang sangat disukai virus.

Ketiga, ketika akan menikah, usahakan melakukan pemeriksaan HIV pranikah. Tidak ada yang bisa menjamin bahwa calon istri atau suami kita bebas dari penyakit tersebut.

Keempat, hindari penggunaan narkoba terutama yang suntik. Kebiasaan buruk pengguna narkoba suntik adalah suntikannya dipakai bergantian. Alasannya jarum suntik mahal dan sulit diperoleh.

Kelima, setia pada pasangan. Harus dua-duanya setia, suami dan istri. Kalau salah satunya suka nakal di luar, siap-siap saja membawa oleh-oleh virus HIV pulang ke rumah.

Demikian lima cara yang dapat menghindarkan kita tertular HIV. Semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar