APAKAH HAMIL ANGGUR BISA HAMIL LAGI?

“Saya baru saja menjalani kuret sehabis mengalami hamil anggur. Apakah saya bisa hamil lagi? Kapan sebaiknya saya hamil lagi?”

women-info.com

Hamil anggur disebut juga hamil mola. Bahasa medisnya mola hidatidosa. Kehamilan ini terjadi akibat cacatnya sel telur, atau pembuahan oleh dua sperma sekaligus terhadap satu sel telur.

Pada kehamilan mola, sel-sel tidak berkembang menjadi plasenta tapi menjadi kista yang berbentuk seperti buah anggur. Itulah sebabnya penyakit ini disebut juga hamil anggur.

Pengobatan hamil anggur adalah dengan cara mengeluarkan semua jaringan yang abnormal di dalam rahim. Caranya dengan kuret, yaitu mengerok semua jaringan tersebut dan mengeluarkannya lewat mulut rahim.

Biasanya setelah dikuret, sel mola di dalam rahim hilang sama sekali. Tetapi pada beberapa kasus sisa-sisa sel mola terus berkembang. Kondisi ini disebut gestational trophoblastic neoplasia (GTN). Jika tidak diobati dengan baik dapat menjadi kanker choriocarcinoma.

Untuk memantau apakah hamil anggur yang telah dikuret berkembang menjadi GTN, dokter biasanya memantau kadar hormon hCG selama setahun. Jika kadarnya 0 maka hamil anggur dianggap sembuh. Atas alasan inilah kenapa Ibu yang menjalani kuretase pasca hamil anggur dianjurkan untuk tidak hamil dulu dalam satu tahun. Seandainya kehamilan terjadi dokter akan sulit menentukan apakah peningkatan hormon hCG terjadi akibat kehamilan atau akibat komplikasi hamil anggur.

Metode yang digunakan untuk menunda kehamilan antara lain adalah pil KB, KB suntik, atau kondom. KB IUD biasanya dihindari.

Mengenai kesuburan, ibu yang sudah sembuh dari hamil anggur dapat kembali subur seperti sedia kala dan dapat hamil kembali.

Selain itu, Ibu tidak perlu khawatir mengalami hamil anggur lagi pada kehamilan berikutnya. Memang ada kemungkinannya berulang tapi hanya sekitar 1%.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar