BOLEHKAH IBU HAMIL MINUM KOPI INSTAN?

Kebiasaan minum kopi tidak hanya dilakukan para pria tapi juga para wanita. Masalahnya adalah ketika kondisi wanita tersebut dalam keadaan hamil. Bolehkah wanita hamil meneruskan kebiasaannya mengkonsumsi kopi?

Minum kopi pada wanita hamil dalam dunia medis bukanlah hal yang terlarang sama sekali. Bahkan beberapa literatur menyebutkan bahwa minum kopi dapat membantu kesehatan ibu dan janin. Tetapi walaupun boleh, jumlahnya harus dibatasi. Jika dulu minum kopi pagi, siang sore maka sekarang dianjurkan hanya sekali sehari atau kurang.

Senyawa yang menjadi sorotan dalam segelas kopi adalah kafeinnya.

Ada yang mengatakan bahwa batasan jumlah kafein yang boleh diminum ibu hamil maksimal 300 mg. Ada juga yang membatasi hanya 200 mg. Konsumsi di atas ambang batas tersebut dapat beresiko pada bayi. Bayi dapat mengalami gangguan pertumbuhan bahkan mengalami keguguran.

Tetapi kita sering salah kaprah dalam masalah kafein. Kita menganggap bahwa satu-satunya sumber kafein adalah kopi. Padahal segelas teh dan sepotong coklat juga mengandung lumayan banyak kafein. Minuman berenergi dan suplemen juga banyak yang mengandung kafein. Jadi sebaiknya kita mengenali makanan-makanan sumber kafein lalu menghitung total kafein yang dikonsumsi setiap hari. Jangan sampai melewati ambang batas.

Apakah yang diperbolehkan di sini cuma kopi hitam? Bagaimana dengan kopi instan? Bolehkah ibu hamil minum kopi instan seperti seperti kopi luwak, good day, top kopi, kopi ABC, coffemix, kapal api, dan sebagainya?

Sebenarnya instant tidaknya kopi tidak berpengaruh. Pun demikian dengan mereknya. Tetapi yang berpengaruh adalah berapa besar kandungan kafein dalam kopi-kopi tersebut.

Bagaimana jika minum kopi nya pada saat hamil muda atau sebaliknya pada saat hamil 8 bulan atau 9 bulan?

Sebenarnya tidak masalah asal jumlahnya tidak berlebihan.

Bolehkah ibu hamil minum kopi setiap hari?

Pada dasarnya boleh-boleh saja. Tapi bila bisa tidak setiap hari akan lebih bagus. Tujuannya untuk menghindari kelebihan asupan kafein melebihi ambang batas akibat gabungan dari makanan-makanan lain yang juga mengandung kafein.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar