LOKASI PENYUNTIKAN IMUNISASI CAMPAK

Imunisasi campak adalah imunisasi yang bertujuan untuk mencegah seorang anak terjangkit penyakit campak. Penyebab penyakit ini adalah virus. Pada sebagian anak, virus campak dapat mengakibatkan komplikasi hebat seperti pneumonia dan meningitis.

Untuk itu anak perlu diimunisasi atau di vaksin campak agar terlindung dari serangan virus campak. Seandainya pun virus campak menyerang, anak yang diimunisasi biasanya hanya menderita gejala ringan.

Virus campak umumnya diberikan pada saat usia anak 9 bulan. Kenapa tidak lebih cepat seperti halnya vaksin lain? Karena sebelum 9 bulan tubuh bayi masih mengandung antibodi anti campak bawaan dari ibu.

Cara pemberian vaksin campak adalah dengan suntikan. Dosisnya 0,5 cc. Lokasi penyuntikan imunisasi campak adalah di paha atas bagian luar agak ke depan (anterolateral). Tapi bagi anak yang usianya sudah lewat 2 tahun penyuntikan biasanya dilakukan pada bahu.

Kadang-kadang pada tempat suntikan timbul rasa nyeri dan bengkak, tapi orang tua tidak perlu khawatir. Reaksi tersebut biasanya hilang setelah beberapa hari.

“lokasi penyuntikan imunisasi dasar lengkap, cara pemberian imunisasi campak yang benar, lokasi penyuntikan campak, cara penyuntikan imunisasi campak, lokasi penyuntikan imunisasi campak pada bayi, tempat penyuntikan imunisasi campak, imunisasi dasar lengkap dan cara pemberiannya, imunisasi campak di lengan kiri”

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar