TEMPAT PENYUNTIKAN IMUNISASI DPT COMBO

Imunisasi DPT combo adalah imunisasi gabungan untuk mencegah beberapa jenis penyakit. Huruf D singkatan dari Difteri, huruf P singkatan dari Pertusis, dan huruf T singkatan dari Tetanus. Sedangkan kata Combo bukan singkatan dari penyakit tertentu. Kata ini menunjukkan bahwa masih ada satu jenis imunisasi lagi dalam DPT combo.

Apa itu?

Imunisasi atau vaksin hepatitis B. Jadi Imunisasi DPT combo merupakan gabungan 4 vaksin sekaligus. Oleh karena itu vaksin ini disebut juga vaksin tetravalen.

Dimana tempat penyuntikan imunisasi DPT combo?

Tempat atau lokasi penyuntikan vaksin DPT combo adalah pada otot paha bayi. Lokasi tepatnya adalah di paha sebelah luar agak kedepan atau dalam dunia medis disebut bagian anterolateral.

Dosis suntikan vaksinasi DPT combo adalah sebanyak 0,5 cc. Sedangkan jadwal penyuntikannya sebanyak 3 kali yaitu pada usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

Imunisasi DPT combo agak lain daripada yang lain karena mempunyai efek samping panas atau demam pada bayi. Untuk mengatasinya cukup diberikan obat penurun panas misalnya parasetamol.

cara penyuntikan imunisasi dpt
cara penyuntikan dpt yg benar
jadwal imunisasi combo
efek samping imunisasi dpt combo

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar