JARAK PEMBERIAN OBAT PENURUN PANAS

Obat penurun panas yang paling banyak digunakan dimuka bumi adalah Parasetamol. Nama aliasnya Asetaminofen.

Obat ini dikenal manjur dalam menurunkan panas demam. Cocok untuk segala usia dari bayi sampai orang tua. Juga relatif aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Aturan pakai yang lazim dari parasetamol, baik sediaan sirup, tablet, kaplet, maupun tetes adalah 3 x sehari.

Istilah 3 x sehari paling sering ditafsirkan bahwa obat diminum pagi, siang, dan malam. Ada juga yang nyeleneh mengartikan obat diminum kapan saja yang penting sebanyak 3 kali sehari misalnya jam 8 pagi, jam 12 siang, lalu jam 3 sore.

Di dalam buku teks kedokteran, aturan pakai obat tidak ditulis "sekian kali sehari" tapi ditulis "sekian kali per 24 jam".

Mengapa demikian?

Karena istilah sehari maknanya 12 jam saja, dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Cocoknya sebenarnya ditulis "sekian kali sehari semalam", tapi gak praktis dan kepanjangan.

Aturan baku konsumsi obat parasetamol adalah 3 - 4 kali / 24 jam. Artinya, boleh diminum 3 kali atau 4 kali dalam 24 jam.

Seandainya kita memakai aturan pemberian 3 kali, maka jarak pemberian obat penurun panas parasetamol adalah 24:3=8 jam. Jadi setiap kali pemberian harus berjarak 8 jam.

Jika panas demam cukup tinggi dan jarak 8 jam terasa kelamaan, dapat digunakan aturan pakai pemberian 4 kali. Jaraknya adalah 6 jam (24:4).

Kenyataan di lapangan kadang berbeda. Baru dua jam pasca minum parasetamol, panas sudah mulai naik lagi. Apakah parasetamol boleh langsung diberikan ulang padahal belum sampai 6 atau 8 jam?

Jawabannya, 'usahakan jangan'.

Ganti obat misal ibupropen?

Juga usahakan jangan.

Sebaiknya turunkan demam dengan cara non-obat, misalnya dengan kompres air hangat. Bisa juga dengan menggunakan cara tradisional yaitu membalurkan minyak yang dicampur bawang merah ke sekujur tubuh.

Jika demam tak turun-turun jua, perlu dicari penyakit yang menjadi biang keladinya. Untuk itu silakan bawa penderita ke dokter.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar