GEJALA KATARAK RINGAN DAN PENANGANANNYA

Katarak adalah salah satu gangguan mata yang paling banyak diderita terutama pada orang tua. Angkanya mencapai 90%.

Katarak terjadi karena proses penuaan pada lensa mata sehingga lensa menjadi buram dan keruh. Proses tersebut berjalan secara perlahan-lahan bertahun-tahun sehingga sering tidak disadari oleh penderitanya. Setelah parah dan penglihatan sangat terganggu baru penderita mencari pengobatan.

Pada awal perjalanan penyakit, gejala katarak ringan saja. Adapun gejala katarak ringan tersebut antara lain:

Tampak sedikit kabut tipis pada lapangan pandang.
Sering bergonta ganti kacamata.
Kurang jelas melihat di tempat yang sedikit cahaya.
Silau ketika melihat cahaya dan kadang-kadang muncul lingkaran terang saat melihat lampu.
Benda-benda terlihat seperti ada dua.
Penglihatan terhadap warna memudar dan warna putih terlihat seperti agak kekuningan.

Gejala kering dan biasanya lambat laun akan menjadi berat bahkan sampai menimbulkan kebutaan. Sangat sulit untuk mencegah proses memberatnya katarak. Walaupun demikian beberapa langkah berikut mungkin membantu.

Sering-sering makan makanan bervitamin dan mengandung antioksidan tinggi seperti jeruk, wortel pepaya, sayuran hijau, kacang-kacangan dan lain-lain.
Hindari kebiasaan buruk merokok dan minum alkohol. Kemudian jangan berlama-lama bekerja di depan komputer. Usahakan menggunakan kacamata menghitam di bawah terik sinar matahari untuk mengurangi radiasi pada mata.
Beberapa penyakit dapat menyebabkan munculnya katarak seperti penyakit diabetes atau kencing manis. Agar tak timbul katarak maka kadar gula darah harus dikendalikan dalam rentang normal.

Kalaupun seandainya gejala katarak semakin memberat dan penglihatan sudah sangat terganggu maka tidak ada jalan lain selain mengoperasinya. Operasi katarak tidak terlalu rumit dan hanya membutuhkan bius lokal pada mata. Lensa yang sudah rusak diganti dengan lensa kaca buatan.

Setelah operasi biasanya penglihatan normal kembali seperti sedia kala.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar