KEPANJANGAN BRCA1 DAN BRCA2

BRCA1 dan BRCA2 adalah dua gen yang menjadi tertuduh penyebab kanker payudara.

Kepanjangan BRCA1 adalah BReast CAncer Gene 1, sedangkan kepanjangan BRCA2 adalah BReast CAncer Gene 2.

‘Breast’ artinya payudara sedangkan ‘Cancer’ artinya kanker.

Fungsi gen BRCA1 dan BRCA2 adalah untuk mengatur sel payudara supaya berhenti membelah kalau tidak diperlukan. Oleh karena itu gen BRCA1 dan 2 digolongkan kepada golongan tumor supressor gene, atau gen yang menekan tumor.

Pada beberapa orang gen ini mengalami perubahan kode atau mutasi sehingga tidak bisa berfungsi normal. Akibatnya beberapa sel payudara tidak ada lagi yang mengontrol dan membelah semaunya. Sel ini terus memperbanyak diri walaupun kondisi tubuh tidak memerlukannya. Pembelahan tanpa henti lama-kelamaan akan membentuk benjolan atau tumor.

Benjolan semakin lama semakin besar dan kadang-kadang akan membuat luka terbuka. Tak hanya di payudara, sel pembangkang ini akan beredar ke seluruh tubuh dan membentuk koloni-koloni baru pada organ-organ target. Koloni baru sel kanker tersebut lambat laun akan mengambil alih organ target sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Bisa dibayangkan jika paru-paru, otak, hati, atau ginjal gagal berfungsi?

Gen BRCA1 dan BRCA2 yang abnormal biasanya diwariskan dari generasi ke generasi. Itulah sebabnya orang-orang yang mempunyai garis keturunan vertikal ke atas menderita kanker payudara mempunyai resiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara juga.

Jika demikian maka orang tersebut harus rajin-rajin melakukan pemeriksaan SADANIS maupun SADARI. SADANIS adalah singkatan dari pemeriksaan payudara klinis, sedangkan SADARI adalah singkatan dari pemeriksaan payudara sendiri Jika mau aman dapat melakukan operasi seperti halnya Angelina Jolie.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar