MANFAAT ZINC UNTUK DIARE

Zaman dulu ketika seorang anak diare maka yang terpikir oleh orang tua adalah segera memberikannya oralit. Manfaat oralit adalah untuk mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan.

Tapi beberapa tahun belakangan ini pada anak atau bayi yang diare tak hanya diberikan oralit tapi juga dianjurkan diberikan Zinc.

Zinc adalah unsur kimia berlambang Zn. Dalam bahasa Indonesia disebut seng. Tapi bukan seng untuk atap :)

Manfaat zinc untuk diare pada bayi atau anak adalah untuk memperpendek durasi diare dan untuk mencegah diare menjadi lebih parah. Guna zinc pada diare lainnya adalah melindungi anak dari diare selama 2 sampai 3 bulan ke depan.

Dosis zinc untuk diare tergantung kepada umur bayi atau anak. Untuk bayi di bawah usia 6 bulan dosisnya adalah 10 mg sekali sehari selama 10 hari. Sedangkan untuk anak usia 6 bulan keatas sampai dengan 5 tahun dosisnya 20 mg sehari selama 10 hari.

Sediaan zinc dalam bentuk tablet adalah 20 mg. Jadi untuk anak usia di atas 6 bulan pemberiannya cukup satu tablet sehari.  Sedangkan untuk bayi di bawah enam bulan tablet mesti dibagi dua.

Kekurangan tablet zinc adalah rasanya pahit. Sehingga kadang-kadang bayi atau anak menolak untuk meminumnya. Cara untuk mengatasinya yaitu memberikan tablet zinc bersama dengan air manis.

Untungnya saat ini tersedia zinc dalam bentuk sirup yang enak rasanya. Hanya saja harganya sedikit lebih mahal. Dosis sirup zinc untuk diare adalah satu sendok takar sekali sehari selama 10 hari untuk anak usia di atas 6 bulan. Sedangkan untuk anak usia di bawah 6 bulan cukup setengah sendok takar.

Karena manfaat yang sangat besar dan memang menjadi anjuran resmi dari WHO maka jika bayi atau anak Anda diare jangan lupa berikan Zinc.

obat zinc untuk bayi diare
zinc syrup untuk diare
obat zinc tablet 20 mg
dosis zinc anak

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar