NAMA LAIN CACING FILARIA

Cacing yang menginfeksi manusia tidak hanya hidup di dalam perut. Ada juga jenis cacing yang hidupnya di dalam pembuluh darah dan saluran getah bening. Cacing tersebut adalah cacing filaria.

Penyakit yang muncul akibat cacing filaria dinamakan filariasis. Mungkin kata filariasis agak asing terdengar. Tapi kalau disebutkan terjemahannya pasti semua tahu. Di masyarakat umum penyakit filariasis  dikenal sebagai penyakit kaki gajah.

Nama Lain Cacing Filaria

Cacing filaria di dalam darah biasanya berada pada fase berukuran kecil, oleh sebab itu disebut mikrofilaria.

Cacing filaria terdiri dari beberapa jenis atau spesies. Ada spesies yang khusus menginfeksi binatang misalnya kucing, anjing atau kera. Tapi ada juga spesies yang khusus menginfeksi manusia.

Nama lain cacing filaria yang khusus menginfeksi manusia adalah Wuchereria bancrofti, Brugia malayi dan Brugia timori. Cacing ini mirip satu sama lain. Walaupun demikian tetap ada perbedaan masing-masing.

Brugia malayi biasanya ditemukan di Kalimantan dan Sumatera sedangkan Brugia timori khusus di daerah Timor (NTT dan NTB, Timor Leste). Wuchereria bancrofti paling banyak ditemukan di Papua.

Kasus filariasis di Indonesia sudah turun drastis jumlahnya. Hal ini karena program pemberian obat pencegahan massal berturut-turut selama 5 tahun di berbagai daerah. Walaupun demikian kasus filariasis atau kaki gajah tetap harus diwaspadai. Orang-orang yang menolak ikut pengobatan massal dan sedang menderita filariasis akan menjadi sumber penularan bagi orang-orang di sekitarnya. Jika tidak ditindaklanjuti maka jumlah kasus filariasis di Indonesia bisa saja naik kembali.




Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar