INILAH OBAT CONGEK DI APOTEK

Mendengar kata congek mungkin terkesan agak menjijikan. Tapi pada kenyataannya penyakit ini sering ditemukan terutama pada anak-anak.

Penyakit congek ditandai keluarnya congek atau nanah dari lubang telinga. Nanah tersebut berasal dari proses infeksi bakteri baik pada telinga luar maupun rongga telinga tengah.

Apa beda telinga luar dan telinga telinga?

Telinga luar adalah lubang telinga yang tampak sampai dengan gendang telinga. Sedangkan telinga tengah adalah rongga di sebelah dalam gendang telinga. Rongga ini terhubung dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang disebut tuba eustachii.

Jika ada proses infeksi di salah satu dari kedua bagian tersebut maka akan keluar congek dari lubang telinga.

Karena penyebabnya adalah infeksi bakteri maka dibutuhkan antibiotik untuk membasminya. Antibiotik yang ideal adalah dalam bentuk tetes telinga. Antibiotik ini dapat langsung bekerja di tempat infeksi setelah diteteskan. Dengan demikian lebih efektif membasmi bakteri penyebab congek.

Nama obat congek di apotek antara lain adalah otopraf, otopain, erla, tarivid otic, dan sebagainya. Harganya berkisar 20 ribuan sampai dengan 100 ribuan.

Kadang-kadang obat tetes tersebut tidak mampu menyembuhkan congek secara total terutama pada kasus infeksi congek yang berat. Jika demikian kasusnya maka dibutuhkan antibiotik yang diminum misalnya ciprofloksasin, sefadroksil, clindamycin, ofloksasin, dan sebagainya.

Baik obat tetes maupun obat minum termasuk kedalam golongan obat keras. Untuk membelinya diperlukan resep dokter.

Oleh karena itu jika memiliki keluhan congekan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat.

*Apotek atau apotik yang benar?

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar