OBAT NOVAMOX (AMOXICILLIN TRIHYDRATE)

Obat novamox adalah obat yang banyak digunakan oleh dokter untuk mengobati infeksi. Kandungan generik obat ini adalah amoksisilin trihidrat (AMOXICILLIN TRIHYDRATE)

Obat novamox adalah obat yang diproduksi oleh PT. Novapharin. Perusahaan ini berlokasi di Gresik Jawa Timur.

Seperti halnya obat amoksisilin lainnya, novamox termasuk golongan antibiotik spektrum luas. Artinya obat ini dapat mengobati berbagai macam infeksi bakteri. Contoh penggunaan novamox yang paling sering adalah mengobati luka bernanah. Obat novamox juga dapat digunakan untuk infeksi telinga congekan dan infeksi bakteri pada radang tenggorokan.

Pemberian novamox untuk ibu hamil harus hati-hati. Obat ini masuk kategori B. Obat novamox juga bisa digunakan untuk ibu hamil dengan hati-hati.

Obat novamag sebaiknya diminum 5 hari berturut-turut. Dosis nya adalah 3 kali sehari. Untuk orang dewasa menggunakan tablet 500 mg. Sedangkan untuk remaja atau anak yang beratnya sekitar 25 kg menggunakan tablet atau kapsul 250 mg.

Sedangkan untuk anak-anak kecil, pemberian novamox sirup disesuaikan dengan berat badannya. Untuk berat badan 10 kg digunakan takaran satu sendok takar 3 kali sehari.

Maraknya penyalahgunaan amoksisilin berupa pengobatan tak sesuai indikasi dan pengobatan yang tidak tuntas menyebabkan munculnya resistensi atau kekebalan bakteri terhadap obat ini. Akibatnya novamox atau amoksisilin tidak mempan lagi terhadap beberapa bakteri tertentu di wilayah tertentu.

Obat novamox termasuk kedalam golongan obat daftar G atau obat keras. Jadi obat ini harus dibeli dengan resep dokter.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar