OBAT SAKIT TENGGOROKAN DAN BATUK DI APOTIK

“Dari kemarin tenggorokan saya sakit, menelan juga sakit. Saya juga batuk dan badan meriang. Apa obat yang dijual di Apotek untuk keluhan saya?”

Tampaknya Anda mengalami penyakit radang tenggorokan. Dalam dunia medis sering disebut ISPA. Singkatan dari infeksi saluran pernapasan atas. Gejala ISPA antara lain sakit tenggorokan, batuk, pilek, demam, sakit kepala, bersin-bersin, sakit persendian, dan badan loyo.

Ada berbagai macam penyebab ISPA, tetapi yang paling sering adalah dari golongan virus dan bakteri. Jenis virusnya bermacam-macam demikian pula dengan bakterinya.

mddk.com

Obat Sakit Tenggorokan dan Batuk di Apotik

Prinsip pengobatan sakit tenggorokan dan batuk akibat ISPA adalah mengatasi gejala yang timbul. Untuk gejala sakit tenggorokan, demam dan sakit kepala serta nyeri sendi dan otot diatasi dengan pereda demam dan nyeri, misalnya parasetamol.  Sedangkan batuk di beri obat pereda batuk misalnya DMP. Selain itu bila ada pilek diberi anti pilek misalnya fenilpropanolamin.

Karena banyaknya gejala yang harus diatasi maka obat ISPA yang ada di pasaran biasanya dalam bentuk kombinasi beberapa jenis obat. Kandungan obat ISPA tersebut biasanya adalah parasetamol, gliseril guaikolat, DMP, pseudoefedrin atau fenilpropanolamin, dan lain-lain. Obat untuk mengatasi gejala ISPA biasanya termasuk obat golongan bebas terbatas. Anda dapat membeli obat ini langsung di apotik atau toko obat. Contoh obatnya adalah alpara, calortusin, paratusin, dan sebagainya.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat juga minum vitamin misalnya vitamin C atau vitamin B kompleks.

Bagaimana dengan larutan penyegar? Boleh-boleh saja.

Jika radang tenggorokan diduga penyebabnya virus maka akan sembuh sendiri dalam waktu 3 sampai 5 hari walaupun virusnya tidak diobati. Kenapa virusnya tidak diobati? Karena obat-obat antivirus banyak yang belum ditemukan untuk virus tertentu dan kalaupun ada harganya sangat mahal.

Tapi jika radang tenggorokan akibat infeksi bakteri, biasanya dokter akan memberikan antibiotik. Contoh antibiotiknya adalah siprofloksasin, ofloksasin, sefadroksil, amoksisilin, dan sebagainya. Hindari membeli antibiotik tanpa resep dokter. Pengobatan dengan antibiotik membutuhkan waktu sekitar 5 hari.

Jika radang tenggorokan sudah sangat parah maka proses penyembuhan biasanya berjalan lambat. Jadi jangan mengeluh jika baru sehari minum obat gejala belum kabur juga.

Selain minum obat usahakan banyak minum air putih atau minuman lainnya. Usahakan juga tetap makan agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga virus lebih cepat dilenyapkan oleh tubuh.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar