OBAT SUNTIK KB TRICLOFEM

Salah satu obat suntik KB 3 bulanan yang menjadi favorit ibu-ibu adalah triclofem. Apa keunggulan obat suntik KB Triclofem ini?

Berbeda dengan obat suntik KB 3 bulanan biasa yang volumenya 3 cc, obat suntik KB triclofem hanya 1 cc.

Volume suntikan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan. Suntikan sebanyak 3 cc biasanya menyisakan rasa tidak nyaman atau rasa nyeri pada bokong. Sedangkan suntikan 1 cc rasa nyaman dan rasa nyeri tersebut jauh berkurang.

Selain dari segi volume triclofem juga menang dari segi harga. Walaupun sedikit lebih mahal dibandingkan suntikan 3 cc, tapi lebih murah dibandingkan merk lain yang volumenya 1 cc.

Walaupun harganya relatif murah tapi tingkat efektivitasnya bisa diandalkan.

Kandungan dari triclofem adalah medroksiprogesteron asetat, bentuk sintesis dari hormon progesteron. Senyawa ini menghambat kehamilan melalui dua mekanisme yaitu mengentalkan lendir mulut rahim sehingga sulit dilalui oleh sp3rm4 dan menghambat proses ovulasi (pematangan sel telur).

Cara penggunaan triclofem adalah dengan menyuntikkannya ke otot bokong. Otot bokong berfungsi sebagai gudang penyimpanan triclofem selama kurang lebih 3 bulan. Dalam waktu 3 bulan tersebut sedikit demi sedikit dilepaskan ke dalam pembuluh darah.

Setelah 3 bulan atau 12 minggu senyawa triclofem sudah berkurang drastis.  Oleh karena itu perlu ditambahkan dengan suntikan triclofem yang baru.

Suntikan pertama kali sebaiknya dilakukan pada saat haid. Idealnya dalam 5 hari pertama haid. Boleh disuntikkan diluar masa haid tapi harus dipastikan bahwa Ibu tidak sedang hamil. Selain itu dianjurkan untuk berpantang dalam seminggu pertama.

Seperti halnya KB hormonal lainnya, triclofem juga mempunyai efek samping. Efek samping triclofem tersering adalah siklus haid menjadi tidak teratur. Pada beberapa kasus bahkan siklus haid terhenti total. Selain itu dapat timbul perdarahan bercak. Efek samping lain adalah sakit kepala, kelelahan, nyeri ulu hati dan nyeri buah dada.

Efek samping paling sering terjadi pada masa-masa awal suntik KB triclofem. Umumnya efek samping mulai berkurang setelah 3 bulan.

Triclofem tidak berpengaruh terhadap produksi air susu ibu. Oleh karena itu triclofem menjadi pilihan utama bagi ibu menyusui yang ingin ber KB dengan KB suntik. Suntikan pertama dapat diberikan 6 minggu pasca melahirkan.

Banyak ibu yang mengeluh bahwa haidnya tak datang juga walaupun suntikan triclofem sudah dihentikan. Hal ini normal sebagai efek lanjutan dari beberapa suntikan sebelumnya. Biasanya haid baru datang sekitar 3 bulan. Pada kasus yang ekstrim bahkan sampai 18 bulan.

Tidak semua orang cocok untuk menggunakan triclofem. Mereka yang mempunyai kondisi berikut sebaiknya tidak menggunakan triclofem atau suntik KB 3 bulanan lainnya.
  • Mengalami perdarahan dari Jalan lahir yang tidak diketahui penyebabnya
  • Penderita kanker payudara
  • Gangguan pembekuan darah
  • Gangguan pembuluh darah otak
  • Penyakit hati atau liver
  • Memiliki penyakit diabetes atau hipertensi

Sedang mengkonsumsi obat-obatan anticemas, antidepresi, antikejang, obat tuberkulosis rifampisin  dan obat malaria.

Semoga bermanfaat ...

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar