PROSEDUR PEMERIKSAAN MRI

Pemeriksaan MRI atau magnetic resonance imaging adalah pemeriksaan yang dianggap paling canggih saat ini. Dengan MRI, kita dapat melihat kondisi organ-organ di dalam tubuh dengan jelas.

Beberapa jenis pemeriksaan MRI antara lain adalah pemeriksaan MRI kepala, leher, tulang belakang, lumbal, jantung, payudara, prostat, ginjal, usus, lambung, dan sebagainya.

Apa perbedaan MRI dengan CT Scan?

Jika CT scan hanya mampu membuat gambar berupa potongan-potongan dari satu sisi saja sedangkan MRI dapat membuat gambar dari potongan-potongan berbagai sisi.

Berikut SOP atau prosedur pemeriksaan MRI secara umum:

Persiapan pemeriksaan MRI antara lain melepas semua benda-benda logam yang melekat pada tubuh. Misalnya anting, jam tangan, dompet, kalunka cincin dan sebagainya. Melepas semua benda logam termasuk syarat mutlak. Pemeriksaan MRI menggunakan gelombang magnetik sehingga benda-benda logam akan mempengaruhi hasil pemeriksaan.

Pakaian juga turut dilepas diganti dengan pakaian khusus.

Setelah masuk ke dalam ruangan pemeriksaan MRI, Anda diminta berbaring pada sebuah pelat datar yang cukup panjang. Pelat ini berada tepat di tengah lorong foto lubang alat MRI.

Sebelum pemeriksaan dimulai, pemeriksa akan masuk ke ruangan kontrol yang terpisah dengan ruang periksa. Anda masih berbicara dengan pemeriksa melalui intercom.

Pada saat pemeriksaan flatbed yang anda tiduri akan bergerak perlahan masuk ke dalam lorong alat MRI. Selama pemeriksaan akan terdengar bunyi bunyi yang berasal dari alat yang sedang bekerja. Jika anda tidak nyaman dengan bunyi bunyi tersebut pemeriksa bisa saja memutarkan musik.

Anda akan diminta untuk tidak membuat banyak gerakan selama pemeriksaan karena dapat mengaburkan hasil pemeriksaan

Tergantung pada jenis pemeriksaan MRI yang anda jalani, mungkin dibutuhkan suntikan bahan kontras. Tujuan suntikan kontras adalah untuk lebih memperjelas lagi gambaran struktur yang akan dilihat.

Jika anda sangat gugup dan gelisah, dokter mungkin akan memberikan Anda obat penenang.

Pemeriksaan MRI makan waktu antara 30 menit sampai 90 menit, tergantung jenis pemeriksaan yang Anda jalani.

Setelah pemeriksaan biasanya Anda boleh segera pulang.

Teknik pemeriksaan MRI dapat dilakukan untuk mendeteksi gangguan pada berbagai macam organ tubuh. Prosedur pemeriksaan MRI mungkin ada variasi untuk masing-masing tujuan pemeriksaan.

Oh ya, pemeriksaan MRI biasanya tidak menimbulkan efek samping nyeri. Oleh karena itu jangan terlalu khawatir.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar