SALEP UNTUK LUKA JATUH DARI MOTOR

Saat ini pengguna motor sudah sangat banyak. Hampir di setiap ruas jalan ada saja pengendara motor yang lewat. Seiring dengan pertambahan jumlah sepeda motor, maka kecelakaan akibat terjatuh dari motor juga semakin meningkat. Mulai dari yang ringan yaitu lecet-lecet sampai yang berat dan fatal.

Bagaimana penanganan luka lecet akibat jatuh dari sepeda motor? Apa salep untuk luka jatuh dari motor?

Luka lecet pada pengendara motor yang jatuh dari motornya biasanya terjadi akibat gesekan kulit dengan aspal. Bagian tubuh yang paling sering mengalami luka lecet adalah siku dan lutut.

Jika terjadi luka jatuh dari motor, bersihkan luka dengan air bersih dan antiseptik misalnya betadin. Setelah luka benar-benar bersih lalu oleskan salep antibiotik. Tersedia beberapa pilihan salep antibiotik yaitu salep yang mengandung oksitetrasiklin, gentamisin, basitrasin, atau kloramfenikol. Fungsi salep-salep hampir mirip yaitu untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Ada sebagian orang yang salah kaprah menganggap bahwa salep untuk luka berupa antibiotik mempercepat penyembuhan luka lecet. Proses penyembuhan luka lecet sebenarnya adalah proses alami oleh tubuh sendiri. Beberapa hari setelah luka terjadi, tubuh akan membentuk jaringan baru yang menutupi luka. Hanya saja proses ini seringkali terhambat akibat adanya infeksi bakteri.

Oleh karena itu agar proses penyembuhan luka lecet berjalan normal maka infeksi harus dicegah. Salah satunya dengan mengoleskan salep luka antibiotik yang telah disebutkan sebelumnya.

Setelah mengoleskan salep antibiotik, jika luka ditakutkan kotor boleh ditutup dengan kasa bersih. Tapi perlu diperhatikan bahwa kasa harus dijaga agar tidak lembab atau basah. Kasa yang demikian dapat menghambat proses penyembuhan.

Tetapi jika kondisi memungkinkan luka lecet sebaiknya tidak ditutup dengan kasa. Tujuannya agar proses penyembuhan berjalan lebih cepat.

obat luka lecet jatuh dari motor
obat untuk mengeringkan luka kecelakaan
luka jatuh dari sepeda motor
salep pengering luka kecelakaan

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar