BERAPA LAMA SETELAH SUNTIK KB BOLEH BERHUBUNGAN?

“Saya berencana untuk suntik KB 3 bulan. Hal yang ingin saya tanyakan adalah berapa lama setelah suntik KB boleh berhubungan? Apakah bisa langsung berhubungan atau menunggu dulu beberapa hari?”

Suntik KB baik suntik KB 1 bulan maupun 3 bulan merupakan cara ber-kb yang sangat efektif dan nggak pake ribet. Ibu tidak perlu harus hawatir setiap hari seperti halnya cara KB dengan pil KB. Cuma sayangnya suntik KB kadang-kadang menimbulkan sedikit nyeri pada tempat suntikan.

Kembali ke pertanyaan ibu, Berapa lama setelah suntik KB boleh berhubungan dengan suami?

Jawaban dari pertanyaan tersebut sangat tergantung kapan pertama kali ibu melakukan suntik KB.

Jika suntik KB dilakukan pada hari pertama atau kedua sampai hari kelima haid maka begitu selesai haid boleh langsung berhubungan.

Tapi jika suntik KB dilakukan diluar masa haid maka ibu harus berpantang minimal 7 hari.

Kenapa harus berpantang? Kenapa tidak langsung saja berhubungan badan malam harinya umpamanya?

Adanya pantangan jika suntik KB dilakukan di luar masa haid terkait dengan mekanisme kerja obat suntik KB. Obat di dalam suntik KB bekerja secara perlahan-lahan yaitu mengentalkan lendir mulut rahim sehingga menghalangi sel pria masuk ke dalam rahim. Obat KB juga mempengaruhi proses ovulasi atau proses pematangan sel telur ibu. Kedua proses tersebut baru bisa maksimal setelah 7 hari.

Akibat berhubungan sebelum 7 hari adalah dapat memicu kehamilan, walaupun tidak pada semua kasus. Kehamilan tersebut bisa terjadi karena masa subur wanita berlangsung sebelum 7 hari padahal suntik KB belum bekerja efektif.

Jika Ibu enggan menunggu maka sangat dianjurkan untuk suntik KB pada saat haid. Selain tak perlu menunggu, suntikan pada masa haid juga dapat memastikan bahwa Ibu tidak sedang hamil.

Demikian artikel APAKAH SETELAH SUNTIK KB BOLEH LANGSUNG BERHUBUNGAN, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar