CARA PENYUNTIKAN IMUNISASI DPT YANG BENAR

“Bayi saya rencananya mau Imunisasi DPT. Menurut informasi hasil tanya-tanya dengan tetangga bahwa imunisasi DPT disuntikkan di paha bayi. Apakah memang demikian cara penyuntikan imunisasi DPT yang benar?"

Imunisasi DPT adalah imunisasi yang bertujuan mencegah anak dari 3 penyakit berbahaya. Ketiga penyakit tersebut sesuai dengan kepanjangan singkatan DPT ya itu Difteri, Pertusis dan Tetanus. Tapi saat ini tambah satu penyakit lagi ya itu Hepatitis B. Itulah sebabnya Kenapa Imunisasi DPT saat ini disebut Imunisasi DPT Combo.

Prinsip cara penyuntikan imunisasi DPT adalah suntikan ditujukan ke dalam otot atau intramuskuler. Otot yang sering menjadi target suntikan adalah otot bokong dan otot lengan, tapi itu pada orang dewasa. Sedangkan pada anak biasanya dilakukan pada otot paha bagian samping luar agak ke depan. Bahasa medisnya lokasi antara lateral.

Kenapa tidak di bagian dalam paha?

Karena bagian dalam paha kaya akan struktur vital seperti pembuluh darah, saraf, dan pembuluh getah bening. Jika suntikan dilakukan di bagian paha dalam ditakutkan struktur-struktur penting tersebut akan tertusuk jarum dan cedera.

Sedangkan di paha bagian luar lebih kecil kemungkinannya mengenai pembuluh darah atau saraf.

Cara penyuntikan imunisasi DPT menggunakan jarum kecil ukuran 1 cc sehingga meminimalkan nyeri. Selain itu dosis suntikan hanya 0,5 cc atau 0,5 ml.

Sebelum penyuntikan atau sesaat sesudah penyuntikan sebaiknya anak diberi obat pereda nyeri dan pereda demam misalnya parasetamol. Dosisnya disesuaikan dengan berat badan bayi.

Pada lokasi suntikan biasanya akan terlihat bengkak dan nyeri jika ditekan Oleh karena itu hindari menyentuh paha bayi bekas suntikan sampai dua atau tiga hari pasca suntikan.

Suntikan berikutnya atau suntikan DPT 2 sebaiknya dilakukan di paha sebelahnya. Jika DPT 1 dilakukan di paha kiri maka suntikan DPT 2 sebaiknya dilakukan di paha kanan atau sebaliknya.

Demikian artikel CARA PENYUNTIKAN IMUNISASI DPT YANG BENAR, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar