IMUNISASI BCG UMUR BERAPA BULAN?

“Saya baru melahirkan seorang bayi tapi sampai saat ini belum diimunisasi BCG. Sebenarnya imunisasi BCG umur berapa bulan?”

Imunisasi BCG adalah imunisasi yang bertujuan untuk melindungi anak dari infeksi bakteri tuberkulosis. Bakteri ini dapat merusak paru-paru dan menyebabkan kematian.

Pemberian imunisasi BCG hanya satu kali saja seumur hidup. Walaupun cuma satu kali tapi dianggap mampu melindungi seorang anak terhadap serangan bakteri tuberkulosis seumur hidupnya. Kalaupun suatu kali terpapar bakteri tersebut maka anak biasanya tidak akan menderita penyakit yang parah.

Imunisasi BCG umur berapa bulan diberikannya?

Imunisasi BCG biasanya diberikan pada bayi sesaat setelah lahir sampai menjelang usia 3 bulan atau 12 minggu. Tapi pedoman yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan adalah imunisasi BCG sebaiknya diberikan dalam usia 1 bulan.

Apakah setelah usia 3 bulan imunisasi BCG tidak bisa lagi diberikan?

Bisa saja tapi ada syaratnya, yaitu harus dilakukan tes mantoux terlebih dahulu. Tujuan tes mantoux ini adalah untuk memeriksa apakah anak sudah pernah terpapar bakteri tuberkulosis atau belum. Jika tes mantoux positif berarti anak sudah pernah terpapar sehingga tidak bermanfaat lagi di imunisasi. Tapi jika hasilnya negatif maka imunisasi BCG masih dapat diberikan.

Oleh karena itu agar tak perlu ribet menjalani tes mantoux sebaiknya bayi segera dibawa ke Puskesmas untuk mendapat imunisasi BCG.

###

batas usia imunisasi bcg
bayi telat imunisasi bcg
jadwal imunisasi bcg
imunisasi bayi 1 bulan
imunisasi bcg pada bayi baru lahir
efek imunisasi bcg
imunisasi bcg sebaiknya umur berapa

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar