KALKULATOR TAKSIRAN PERSALINAN

“Saya baru saja melakukan tespek. Hasilnya positif karena muncul 2 garis. Kira-kira berapa usia kehamilan saya dan kira-kira kapan saya melahirkan? Adakah cara otomatis untuk menghitungnya berupa kalkulator taksiran persalinan?”

Sebagian besar Ibu pasti sangat senang mengetahui dirinya sedang hamil. Lalu muncul berbagai pertanyaan antara lain berapa sih usia kehamilannya dan kapan kira-kira taksiran persalinan akan terjadi.

Taksiran persalinan pastilah menjadi sesuatu yang sangat penting karena berkaitan dengan persiapan ibu melahirkan dan persiapan perlengkapan dan kebutuhan bagi si bayi kelak.

Setidaknya ada dua cara untuk mengetahui hari taksiran persalinan. Pertama menggunakan patokan HPHT, singkatan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Kedua menggunakan penghitungan otomatis alat USG. Cara kedua ini biasanya dilakukan oleh dokter ahli kebidanan saat melakukan pemeriksaan USG terhadap janin yang ada di dalam perut ibu.

Cara pertama adalah cara yang bisa dilakukan sendiri oleh ibu asal modal HPHT-nya tersedia. Silahkan baca artikel kami:
CARA MENGHITUNG HPHT.
Setelah tahu tanggal HPHT, tanggal tersebut Lalu dimasukkan ke dalam rumus Naegele.

Caranya untuk HPHT bulan Januari Februari dan Maret:

Tanggal + 7 / Bulan + 9 / dan Tahun tetap sama.

Misal HPHT tanggal 5 Januari 2018. Maka taksiran persalinannya adalah Tanggal: 5+7=12; Bulan 1+9=10; Tahun tetap 2018. Jadi taksiran persalinan Ibu adalah 12 Oktober 2018.

Sedangkan cara untuk HPHT yang jatuh pada bulan April sampai Desember adalah sebagai berikut:

Tanggal + 7 / Bulan + 3 / dan Tahun - 1.

Misal hpht ibu adalah 10 Mei 2018. Maka taksiran persalinan ibu yaitu Tanggal: 10+7=17; Bulan 5-3=2; Tahun 2018+1=2019. Hasilnya 17 Februari 2019.

Kedua contoh di atas merupakan perhitungan manual yang kadang-kadang bagi sebagian orang terasa sangat rumit. Oleh karena itu kami membuat sebuah KALKULATOR agar perhitungan taksiran persalinan berdasarkan HPHT dapat dilakukan dengan mudah.

Silakan gunakan kalkulator taksiran persalinan tersebut dengan mengklik taut berikut:
KALKULATOR TAKSIRAN PERSALINAN
Hanya saja sebagai catatan, kalkulator ini hanya bisa berjalan di browser Chrome atau Firefox. Paling ideal dibuka di komputer atau laptop. Kami mohon maaf untuk pengguna Opera Mini atau UC Web karena aplikasi ini tidak bisa berjalan di kedua browser tersebut.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar