PAKAI KB APA YANG AMAN DAN NYAMAN

Ada banyak pilihan cara ber-kb. Cara KB apa yang aman dan nyaman baik bagi ibu maupun suami?

Alat atau obat KB yang dilepas ke pasaran pastilah sudah diuji tingkat keamanannya. Tentu saja semua berada dalam level aman. Kalau tidak sudah lama ditarik oleh BPOM alias Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Tapi secara per individu jenis KB cocok-cocokan. Ada ibu yang cocok dengan pil KB ada juga yang cocok dengan implant atau susuk. Jadi tak heran jika ada ibu yang harus mencoba beberapa jenis KB, sebelum menemukan jenis KB yang aman dan nyaman baginya.

Secara umum cara KB yang aman dan nyaman yaitu IUD. Dari segi keamanan KB ini tidak mengandung hormon sehingga tidak mempengaruhi siklus hormonal tubuh. Kalaupun ada UUD yang mengandung hormon kadarnya rendah sekali sehingga minim efek samping. Dari segi kenyamanan Ibu tak perlu mengingat jadwal minum pil KB atau jadwal suntik dan tak perlu khawatir kebobolan. Walaupun demikian ada saja ibu yang berisi jika harus memasang IUD di dalam rahimnya.

Cara KB yang aman lainnya yaitu menggunakan kondom. Selain dapat melindungi terhadap kehamilan, kondom adalah satu-satunya cara ber-kb yang juga dapat melindungi terhadap infeksi penyakit seksual seperti HIV AIDS. Hanya saja kondom dari segi kenyamanan banyak yang tidak menyukainya. Selain masalah rasa juga harus menggunakannya setiap kali akan berhubungan. Dan harganya pun relatif mahal.

Cara KB ketiga yang cukup aman yaitu implant atau susuk. KB ini dapat bertahan selama 3 tahun dan efek sampingnya lebih sedikit dibandingkan dengan suntik KB.

Bagi ibu-ibu yang sudah ber KB mohon bagi pengalamannya. Menurut ibu pakai KB apa yang aman dan nyaman?

###
Pil KB yang aman
KB yang aman untuk ibu menyusui
KB paling aman tanpa efek samping
Alat kontrasepsi apa yang aman

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar