MANFAAT KOMPRES AIR HANGAT SAAT DEMAM

“Anak saya sedang demam. Selain memberi obat dokter juga menyarankan untuk melakukan kompres hangat. Apa sih manfaat kompres hangat saat demam?”

Dulu para orang tua ketika anaknya demam akan mengompres anaknya dengan air dingin, bahkan air es. Tujuannya tentu saja untuk mendinginkan tubuh anak yang sedang panas-panasnya. Tindakan ini tentu sangat masuk akal, panas harus dilawan dengan dingin.

Tapi sekarang berubah …

Anak demam tak boleh lagi dikompres dengan air dingin apa lagi air es. Kompresnya mesti air hangat.

Di mana logikanya?

Ternyata tubuh tidak bersifat pasif terhadap suhu. Tubuh aktif mengatur suhu tubuh sendiri dengan komando pusat pengatur suhu di otak. Nama kerennya thermoregulator. Ketika suhu lingkungan panas maka thermoregulator akan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh agar segera menurunkan suhu tubuh. Begitu juga sebaliknya. Jika suhu lingkungan terasa dingin maka thermoregulator mengirimkan pesan sistem tubuh untuk menaikkan suhu.

Apa hubungannya dengan kompres?

Ketika tubuh dikompres dengan air dingin maka thermoregulator akan menerima informasi bahwa lingkungan sedang dingin. Kemudian pengatur suhu akan memberi perintah untuk menaikkan suhu tubuh. Itulah sebabnya ketika sedang dikompres air dingin suhu tubuh memang dingin tapi ketika kompres dilepas, suhu tubuh akan meninggi kembali.

Berbeda halnya dengan kompres air hangat.

Ketika kompres air hangat ditempelkan ke dahi atau dada maka thermoregulator akan menerima informasi bahwa suhu di luar sedang hangat. Kemudian turun perintah untuk menurunkan suhu tubuh. Hasil akhirnya adalah demam akan berkurang.

Inilah logika baru kompres pada kondisi anak demam.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar