Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MERK PIL KB PROGESTERON

“Saya sedang menyusui dan seorang teman menyarankan untuk memilih Pil KB yang hanya mengandung progesteron. Karena pil KB tersebut katanya tidak menghambat keluarnya air susu. Apa merk pil KB progesteron yang ada di pasaran?”

Hormon progesteron yang ada di dalam pil KB biasa disebut progestin atau progestogen. Tapi kalau kita cari kata ‘progestin’ di dalam kandungan semua pil KB hampir mustahil kita dapatkan.

Kenapa?

Karena produsen pil KB biasanya mencantumkan nama senyawa kimia spesifik yang fungsi umumnya adalah sebagai hormon progestin. Contohnya linestrenol.

Pil KB yang hanya mengandung progestin cocok untuk ibu menyusui. Pil KB ini tidak mengandung hormon estrogen seperti halnya pil KB kombinasi. Hormon estrogen adalah hormon yang dapat menghentikan produksi ASI pada ibu menyusui.

Walaupun pil KB progesteron dan pil KB kombinasi sama-sama isi 28 tapi ada sedikit perbedaan dalam cara pemakaian. Pil KB progesteron harus diminum setiap hari pada jam yang sama dengan toleransi keterlambatan maksimal 4 jam. Sedangkan pil KB kombinasi toleransi keterlambatan bisa sampai 12 jam.

goapotik.com

Merk pil KB progesteron yang ada di pasaran yang mudah dijumpai di Indonesia adalah pil KB Andalan Laktasi dan Exluton. Kedua obat Ini mengandung linestrenol 0,5 mg.

Perlu diperhatikan bahwa pil KB progesteron ini adalah obat keras. Bisa dilihat dari logo lingkaran hitam dengan dasar warna merah dan huruf K di dalamnya. Oleh karena itu hendaknya digunakan sesuai petunjuk dari dokter atau bidan.

Posting Komentar untuk "MERK PIL KB PROGESTERON"