PENGERTIAN MASA JENDELA PADA HIV

“Seorang teman melakukan hubungan resiko tinggi dengan seorang wanita tak dikenal. Sekarang dia sangat khawatir terinfeksi HIV. Taman tersebut segera memeriksakan diri ke dokter. Tapi oleh dokter dikatakan bahwa sulit mendeteksi infeksi HIV 1 minggu setelah paparan karena ada yang namanya periode atau masa jendela atau window period. Apa pengertian masa jendela tersebut?"

Masa jendela disebut juga window period. Pengertian masa jendela adalah waktu antara pertama kali tubuh dimasuki oleh virus HIV sampai dengan uji HIV bisa memberikan hasil tes yang positif.

Masa jendela muncul akibat beberapa hari pasca paparan virus HIV, virus ini masih belum bisa dideteksi oleh uji keberadaan virus HIV yang saat ini banyak digunakan di laboratorium kesehatan.

Kenapa ada masa jendela?

Karena tubuh butuh waktu beberapa minggu untuk memproduksi antibodi yang cukup untuk dapat dideteksi oleh uji HIV. Antibodi adalah zat yang dihasilkan oleh tubuh untuk melawan virus HIV.

Sebanyak 95% orang yang terinfeksi HIV dapat dideteksi pada minggu keempat pasca masuknya virus ke dalam tubuh. Baru pada minggu ke 12 level deteksi sudah mencapai 99,9% atau hampir mencapai 100%. Itulah sebabnya kenapa masa jendela (window period) berlangsung selama 3 bulan atau 12 minggu.

Demikian artikel PENGERTIAN MASA JENDELA PADA HIV, semoga bermanfaat.




Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar