SUNAT LASER DEWASA

“Saya X umur 28 tahun, ingin melakukan sunat atau khitan. Apakah sebaiknya dengan metode manual atau laser atau klem? Banyak menyarankan metode sunat laser, katanya perdarahannya kurang dan lebih cepat sembuh. Saya ingin bertanya bagaimana prosedur sunat laser dewasa?”

Prosedur sunat baik pada dewasa maupun anak-anak, dan dengan metode apapun juga, terbagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pemesan atau anastesi. Tujuannya untuk menghilangkan rasa ketika dilakukan tindakan sunat. Tahap kedua adalah pemotongan kulup atau preputium. Teknik pemotongan bermacam-macam tergantung kepada metodenya. Pada metode manual pemotongan kulit menggunakan gunting, pada sunat laser pemotongan kolom menggunakan electrocauter. Sedangkan pada sunat klem pemotongan kulup menggunakan alat yang disebut klem yang di pasang di ujung senjata.

Berikut kita rinci prosedur sunat laser dewasa:

Pertama, dokter akan memeriksa alat kelamin yang akan disunat Apakah ada kelainan atau tidak.

Kedua, dokter akan membersihkan area tindakan dengan antiseptik misalnya Betadine. Kemudian area tindakan ditutup dengan kain berlubang yang disebut duk. Tujuannya agar mencegah kemungkinan infeksi.

Ketiga, dokter akan melakukan pembiusan. Biasanya dibutuhkan beberapa kali tindakan penusukan jarum. Rasa nyeri timbul akibat masuknya jarum ke dalam jaringan dan akibat masuknya zat anestesi pertama kali. Rasa kebas atau bakal akan timbul beberapa menit kemudian.

Keempat, dokter akan memeriksa perlengketan antara kepala dan kulup. Jika ada perlengketan maka perlengketan tersebut dilepaskan dan jika ada kotoran yang terpendam di dalamnya juga turut dibersihkan.

Kelima, dokter akan menjepit kulup dengan klem bengkok atau lurus. Dokter biasanya akan memeriksa Apakah kepala ikut terjepit atau tidak. Setelah klem terpasang dengan sempurna, baru dilakukan pemotongan kulup.

Keenam, ujung laser atau electrocauter yang membara akibat aliran listrik digunakan untuk memotong kulit yang sudah dijepit sebelumnya. Saat pemotongan akan tercium bau seperti daging terbakar. Jangan khawatir, biasanya tidak ada rasa nyeri saat alat cauter memotong jaringan kulit karena sudah terbiasa dengan baik.

Ketujuh, Setelah kulup terpotong semua Dokter akan melepaskan jepitan klem. Dokter akan memeriksa hasil dari pemotongan. Sebagian dokter ada yang tidak menjahit, tapi sebagian yang lainnya lebih suka untuk menjahit hasil potongan karena khawatir pada saat bangun di pagi hari terjadi pelepasan hasil potongan atau disebut dehisensi.

Kedelapan, dokter akan membersihkan area sunat dan mengemas peralatan sunatnya karena sunat sudah selesai.

Demikian prosedur sunat laser dewasa, tidak ada yang perlu ditakutkan. Kalaupun ada nyeri yang lumayan biasanya terjadi pada saat penyuntikan pertama obat bius.

Terima kasih sudah membaca artikel SUNAT LASER DEWASA, semoga memberikan manfaat bagi Pembaca sekalian.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar