CIRI FISIK BAYI KURANG ASI

Beberapa hari ini bayi saya kurang mau minum ASI. Apa saja tanda-tanda atau ciri fisik bayi kurang ASI?”

Seorang bayi dari mulai lahir sampai dengan berusia 6 bulan biasanya cukup diberi ASI saja. Tidak perlu tambahan makanan lain atau bahkan air putih sekalipun.

Apakah pemberian ASI eksklusif seperti itu cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi?

Ya sangat cukup, selama produksi ASI tidak terganggu dan cara pemberiannya tepat.

Pada beberapa kasus bayi bisa saja mengalami kekurangan ASI.

Adapun tanda atau ciri fisik bayi kurang ASI antara lain adalah:

Pertama, berat badan bayi tidak naik-naik. Bahkan cenderung menurun. Bayi biasanya dianjurkan ditimbang secara teratur. Satuan timbangan bayi bukanlah kg tapi gr.

Kedua, kencing atau pipis bayi lebih sedikit. Kondisi ini dapat dipantau dari jumlah popok per 24 jam. Jika bayi membasahi kurang dari 6 popok per 24 jam maka hal tersebut merupakan tanda bayi kekurangan ASI.

Ketiga, warna kencing bayi lebih pekat. Bayi yang cukup ASI biasanya kencingnya berwarna kuning muda dan jernih.

Keempat, bayi terus-terusan rewel dan tampak lesu. Mulutnya kering. Kulitnya juga tampak kering. Jika kekurangan ASI-nya parah saat kulitnya dicubit lambat kembali.

Kelima, bayi jarang buang air besar atau kurang dari 2 kali dalam 24 jam. Tinja bayi normal biasanya berwarna kuning dan lunak.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi bayi kurang ASI. Salah satunya adalah cara menyusui yang kurang tepat. Tanda-tandanya adalah setelah menyusui payudara masih kencang dan penuh ASI, walaupun bayi sudah menyusu dalam waktu yang lama.

Penyebab lain bayi kurang ASI adalah produksi air susu ibu memang sangat sedikit. Mungkin ibu mengalami kurang gizi atau mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang menghambat produksi ASI. Pil KB dan suntikan KB juga dapat menghambat produksi ASI terutama yang mengandung hormon estrogen.

Jika kondisi bayi kurang ASI terus terjadi segera konsultasi ke dokter untuk mencari penyebabnya dan mendapatkan saran untuk mengatasinya.

akibat bayi kurang asi
tanda bayi kenyang minum asi
tanda bayi cukup asi
asi sedikit bayi rewel
cara mengatasi bayi kurang asi




Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar