KAPAN KB IMPLAN MULAI BEREAKSI

“Saya baru saja memasang implan atau susuk siang tadi. Pertanyaan saya adalah Kapan KB implan mulai bereaksi? Kapan saya bisa berhubungan dengan suami?”

KB implan atau KB susuk adalah KB hormonal yang ditanamkan di lengan. Implan yang berupa plastik panjang tersebut akan melepaskan hormon progestin dalam jumlah kecil secara terus menerus. Hormon inilah yang bekerja mencegah kehamilan.

Ada tiga mekanisme kerja hormon progestin yang dikeluarkan oleh implan yaitu mengentalkan lendir mulut rahim, mencegah penebalan dinding rahim, dan mencegah ovulasi atau pematangan sel telur.

Waktu paling ideal pemasangan implan adalah pada saat haid. Walaupun demikian pemasangan implan diluar masa haid boleh saja dilakukan asal Ibu dipastikan sedang tidak hamil.

Apakah KB implan langsung bereaksi begitu dipasang? Kapan KB implan mulai bereaksi melindungi Ibu dari kehamilan?

Jawabannya tergantung pada waktu pemasangan KB implan.

Jika KB implan dipasang pada saat haid maka begitu selesai haid Ibu sudah dapat langsung berhubungan tanpa khawatir terjadi kehamilan.

Sedangkan jika KB implan dipasang di luar masa haid maka KB implan baru bereaksi 7 hari kemudian untuk melindungi Ibu dari kehamilan. Selama 7 hari masa menunggu tersebut ibu sebaiknya tidak berhubungan dulu atau kalaupun berhubungan hendaknya memakai perlindungan lain yang non hormonal misalnya kondom.

Demikian semoga bermanfaat.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar