EFEK BERHENTI MINUM PIL KB SEBELUM HABIS

“Saya bermaksud berhenti minum KB karena ingin hamil lagi. Bolehkah berhenti saat pil KB baru diminum sebagian? Apa efek berhenti minum pil KB sebelum habis?”

Jika Ibu ingin berhenti mengkonsumsi pil KB, sebaiknya tunggu pil KB betul-betul habis. Hal ini penting karena ketika pil sudah habis, maka kondisi hormonal tubuh ibu sudah siap untuk menghadapi haid pada waktu yang seharusnya. Menunggu pil KB habis baru berhenti juga bermanfaat untuk mempercepat kembalinya siklus haid yang normal.

Bagaimana jika ibu menghentikan minum pil KB tiba-tiba di tengah jalan?

Ibu dapat mengalami perdarahan bercak sekitar dua hari pasca penghentian. Lama perdarahan mungkin berlangsung selama dua minggu. Perdarahan muncul karena kadar hormon di dalam tubuh wanita tiba-tiba menghilang. Perdarahan tersebut kadang-kadang disertai kram di perut.

Efek lain berhenti minum pil KB sebelum habis adalah siklus menstruasi butuh waktu yang lebih lama untuk kembali normal. Hal ini terjadi karena tubuh kebingungan, dimana biasanya terjadi penambahan atau pengurangan kadar hormon secara perlahan-lahan tapi ini kok tiba-tiba menghilang. Walaupun demikian Ibu tak perlu terlalu khawatir karena efek di atas biasanya akan mereda dengan sendirinya.

Namun jika pola menstruasi tak kunjung balik ke normal setelah 3 bulan, ada baiknya berkonsultasi ke dokter.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar