BOLEHKAH MANDI MALAM SAAT MENYUSUI?

Ada anggapan yang beredar di masyarakat bahwa tidak boleh mandi malam saat menyusui. Jika Ibu tetap nekat melakukannya, akan berdampak negatif bagi bayinya. Apakah benar demikian?

Secara medis bolehkah mandi malam saat menyusui?

Mandi malam bagi ibu dipercaya oleh sebagian orang dapat menyebabkan bayi yang disusuinya menderita perut kembung. Pada kenyataannya tidak demikian. Perut kembung pada bayi secara medis tidak ada hubungannya dengan kebiasaan mandi malam ibu.

Penyebab perut kembung bayi ada beragam macamnya. Salah satunya adalah karena perkembangan saluran cerna bayi belum maksimal, sehingga pemberian makanan dalam porsi berlebihan atau jenis tertentu dapat memicu kembung. Beberapa jenis makanan yang kurang cocok adalah sayuran penghasil gas seperti kol, kembang kol, brokoli, asparagus, bawang bombay, dan kacang-kacangan. Penyebab lain kembung pada bayi yaitu posisi menyusui yang kurang pas sehingga udara ikut tersedot, menangis berlebihan, banyak bergerak terutama saat makan, dan sensitif terhadap susu formula tertentu.

Kalaupun gejala perut kembung pada bayi terjadi setelah ibu mandi malam kemungkinan besar karena faktor kebetulan. Kebetulan saat ibu mandi malam bayi juga terpapar penyebab yang telah disebutkan sebelumnya.

Walaupun mandi malam boleh, sebaiknya tetap memperhatikan kondisi air yang digunakan untuk mandi. Air jangan terlalu dingin, tapi suhunya agak hangat dan nyaman ketika disiramkan ke tubuh. Selain itu, segera keringkan tubuh dengan handuk bersih begitu selesai mandi.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar