BADAN GATAL-GATAL BENTOL TANPA SEBAB

Hari ini tubuh Anda tiba-tiba gatal di banyak tempat. Tak hanya itu, gatal tersebut disertai dengan bentol-bentol yang kian melebar. Dan Anda rasa-rasa kedua keluhan tersebut ga ada sebab. Terjadi begitu saja.

Keluhan badan gatal-gatal bentol tanpa sebab seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja sering tidak terdeteksi oleh praktisi kesehatan karena penderita keluhan tersebut biasanya mengatasinya sendiri.

Bentol di banyak tempat di sekujur tubuh disertai gatal kemungkinan besar adalah gejala alergi. Gejala ini muncul karena tubuh mengeluarkan senyawa yang disebut histamin. Senyawa ini sebenarnya untuk menyerang 'musuh’ atau sesuatu yang dianggap musuh oleh tubuh. Contoh musuh di sini sangat beragam, misalnya protein dari telur atau ikan, debu yang mengandung tungau, getah kayu, bisa dari hewan, dan sebagainya.

Pada sebagian kasus, musuh yang memicu pelepasan histamin gagal diidentifikasi, bahkan oleh dokter berpengalaman sekalipun. Oleh karena itu ada banyak kasus penyakit alergi dianggap tanpa sebab.

Jika tak begitu berat, dalam waktu beberapa jam gejala akan menghilang dengan sendirinya. Tapi jika Anda rasa gejala yang dialami cukup mengganggu, silakan berkonsultasi dengan dokter. Umumnya dokter akan memberi obat anti alergi misalnya ctm atau kortikosteroid atau kombinasi keduanya.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    1 komentar: